Strategi fundraising dan pendistribusian dana ZIS BAZNAS di Kabupaten Pemalang

Mahrojah, Siti (2022) Strategi fundraising dan pendistribusian dana ZIS BAZNAS di Kabupaten Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801036045_Siti_Mahrojah] Text (Skripsi_1801036045_Siti_Mahrojah)
Skripsi_1801036045_Siti_Mahrojah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini disusun oleh Siti Mahrojah (1801036045) dengan judul “Strategi Fundraising dan Pendistribusian Dana ZIS BAZNAS Kabupaten Pemalang’, Program Strata Satu (S1), Jurusan Manajemen Dakwah UIN Walisongo Semarang. Dalam penelitian ini, berfokus pada strategi fundraising dan pendistribusian dana ZIS yang ada di BAZNAS Kabupaten Pemalang. Strategi fundraising sangat penting dalam suatu lembaga amil zakat seperti BAZNAS Kabupaten Pemalang untuk menunjang program yang telah dibuat agar terlaksana dengan baik.
Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui strategi fundraising dalam memperoleh dana pada BAZNAS Kabupaten Pemalang. (2) mengetahui pendistribusian dana ZIS pada BAZNAS Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penulisan yang bertujuan untuk menggambarkan suatu keadaan atau fenomena secara sistematis dan rasional. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer (diperoleh secara langsung) dan data sekunder (diperoleh secara tidak langsung). Dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan (1) bahwa strategi fundraising dana ZIS BAZNAS Kab. Pemalang sudah menerapkan dua model strategi fundraising yaitu direct fundraising (fundraising secara langsung) dan indirect fundraising (fundraising secara tidak langsung). perolehan dana ZIS terbanyak ditempati oleh zakat profesi dan terendah oleh zakat fitrah. (2) Dalam proses pendistribusian dana ZIS BAZNAS Kab. Pemalang menerapkan bagi rata yaitu 50-50 untuk zakat konsumtif dan zakat produkrif dari 70% dana yang terkumpul.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi fundraising; Pendistribusian zakat; BAZNAS
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Oct 2023 05:45
Last Modified: 09 Oct 2023 05:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21337

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics