Pengaruh marketing mix terhadap keputusan nasabah melakukan pengajuan pembiayaan pada PT. BPRS Kedung Arto
Windiani, Windiani (2023) Pengaruh marketing mix terhadap keputusan nasabah melakukan pengajuan pembiayaan pada PT. BPRS Kedung Arto. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.
Skripsi_1905036005_Windiani_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Keputusan menggunakan pembiayaan oleh nasabah dapat menjadi sesuatu yang menarik untuk dipelajari oleh pihak bank. Karena semakin banyak jumlah nasabah yang menggunakan produk pembiayaan disuatu bank, dapat meningkatkan keuntungan dari bank tersebut. Namun, pengajuan pembiayaan pada PT. BPRS Kedung Arto pada tahun 2021 mengalami penurunan dikarenakan penyebaran virus COVID-19, dari penyebaran virus COVID-19 tersebut menjadikan peminat dari nasabah maupun calon nasabah tidak melakukan pengajuan pembiayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap keputusan nasabah melakukan pengajuan pembiayaan di BPRS Kedung Arto.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data primer menggunakan kuesioner skala likert. Jumlah responden yang dijadikan sample sebanyak 100 responden dan metode sample yang digunakan adalah purposive sampling, data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 23 dan analisis menggunakan analisis deskriptif statistik, pengujian validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi), analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis melalui uji T, uji F, serta koefesien determinasi (R2). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan hasil uji T (secara parsial ) menunjukkan bahwa variabel marketing mix tempat, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah melakukan pengajuan pembiayaan di BPRS Kedung Arto, sedangkan variabel produk dan harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah melakukan pengajuan pembiayaan di BPRS Kedung Arto. Hasil uji F (simultan) memiliki hasil bahwa variabel produk, harga, tempat, dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah melakukan pengajuan pembiayaan di BPRS Kedung Arto.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran; Produk; Harga; Promosi; Keputusan Nasabah; BPRS |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1) |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 07:12 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 07:12 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21338 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year