Pengaruh marketing mix terhadap keputusan nasabah melakukan pengajuan pembiayaan pada PT. BPRS Kedung Arto

Windiani, Windiani (2023) Pengaruh marketing mix terhadap keputusan nasabah melakukan pengajuan pembiayaan pada PT. BPRS Kedung Arto. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905036005_Windiani_Lengkap] Text (Skripsi_1905036005_Windiani_Lengkap)
Skripsi_1905036005_Windiani_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Keputusan menggunakan pembiayaan oleh nasabah dapat menjadi sesuatu yang menarik untuk dipelajari oleh pihak bank. Karena semakin banyak jumlah nasabah yang menggunakan produk pembiayaan disuatu bank, dapat meningkatkan keuntungan dari bank tersebut. Namun, pengajuan pembiayaan pada PT. BPRS Kedung Arto pada tahun 2021 mengalami penurunan dikarenakan penyebaran virus COVID-19, dari penyebaran virus COVID-19 tersebut menjadikan peminat dari nasabah maupun calon nasabah tidak melakukan pengajuan pembiayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap keputusan nasabah melakukan pengajuan pembiayaan di BPRS Kedung Arto.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data primer menggunakan kuesioner skala likert. Jumlah responden yang dijadikan sample sebanyak 100 responden dan metode sample yang digunakan adalah purposive sampling, data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 23 dan analisis menggunakan analisis deskriptif statistik, pengujian validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi), analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis melalui uji T, uji F, serta koefesien determinasi (R2). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan hasil uji T (secara parsial ) menunjukkan bahwa variabel marketing mix tempat, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah melakukan pengajuan pembiayaan di BPRS Kedung Arto, sedangkan variabel produk dan harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah melakukan pengajuan pembiayaan di BPRS Kedung Arto. Hasil uji F (simultan) memiliki hasil bahwa variabel produk, harga, tempat, dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah melakukan pengajuan pembiayaan di BPRS Kedung Arto.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemasaran; Produk; Harga; Promosi; Keputusan Nasabah; BPRS
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Oct 2023 07:12
Last Modified: 09 Oct 2023 07:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21338

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics