Pengaruh promosi dan aksesbilitas terhadap minat berkunjung mahasiswa FEBI UIN Walisongo di Masjid Safinatun Najah Kota Semarang

Khayati, Ani Nur (2023) Pengaruh promosi dan aksesbilitas terhadap minat berkunjung mahasiswa FEBI UIN Walisongo di Masjid Safinatun Najah Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805026099_Ani_Nur_Khayati] Text (Skripsi_1805026099_Ani_Nur_Khayati)
1805026099_Ani Nur Khayati_TUGAS LENGKAP AKHIR - Ani Nur khayati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan di bidang pariwisata dapat disebabkan salah satunya yaitu jumlah wisatawan menurun atau rasa minat berkunjung menurun. Ada banyak faktor jumlah wisatawan dapat meningkat, diantaranya adalah promosi dan aksesbilitas. jika dilakukan promosi dengan baik maka jumlah wisatawan atau rasa minat berkunjung akan semakin meningkat. Begitupun dengan aksesbilitas, jika akses jalan semakin baik maka rasa minat berkunjung akan baik, dan juga dapat memudahkan para wisatawan untuk berkunjung. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh promosi dan aksesbilitas terhadap minat berkunjung di masjid Safinatun Najah Kota Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan menggunakan Teknik pengumpulan data melalui kuesioner atau angket. Populasi penelitian ini adaah mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang. Sampel penelitian ini sebanyak 96 mahasiswa diambil dari rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda. Sedangkan untuk olah data menggunakan program SPSS versi 20.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan secara parsial (uji t) pada variabel promosi (X1) diperoleh t hitung sebesar 2,711 lebih besar dari t tabel 1,661. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel promosi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung. Kemudian hasil uji t pada variabel aksesbilitas (X2) diperoleh t hitung 3,864 lebih besar dari t tabel 1,661. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel aksesbilitas (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung. Kemudian variabel promosi dan aksesbilitas secara bersama-sama atau simultan berpengaruh positif terhadap minat berkunjung sebesar 42,227 lebih besar dari F tabel 3,09.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Promosi; aksesbilitas; FEBI UIN WS; Masjid Safinatun Najah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 09 Oct 2023 08:39
Last Modified: 09 Oct 2023 08:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21345

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics