Strategi dakwah dalam meninkatkan akhlakul karimah santri di Pesantren Life Skill Daarun Najaah Beringin Semarang

Alfiyah, Anis (2022) Strategi dakwah dalam meninkatkan akhlakul karimah santri di Pesantren Life Skill Daarun Najaah Beringin Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of 1601026138_ANIS_ALFIYAH_SKRIPSI] Text (1601026138_ANIS_ALFIYAH_SKRIPSI)
1601026138_ANIS ALFIYAH_FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dakwah dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Santri di Pesantren Life Skill Daarun Najaah Beringin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang tidak menggunakan perhitungan, data yang dikumpulkan tidak berwujud angka namun kata-kata. data primer dalam penelitian ini adalah catatan sumber data utama melalui pengamatan observasi. Data sekunder dari dalam penelitian ini berupa buku-buku, jurnal, skripsi, artikel, karya ilmiah dan situs-situs yang dapat digunakan uuntuk penelitian strategi dakwah, akhlakul karimah dan pesantren. Teknik Pengumpulan Data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik wawncara, observasi dan Dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti mengenai Strategi Dakwah dalam meningkatkan akhlakul karimah santri Di Pesantren Life Skill Daarun Najaah Beringin dapat ditarik kesimpulan Strategi Dakwah yang dil-akukan oleh pondok pesantren life skill Daarun Najaah Beringin dalam mening-katkan akhlakuk karimah santri yaitu dengan menerapkan teori rumus Lasswell yaitu: Who (siapa da’I atau penyampai pesan dakwahnya) yaitu pengasuh, ustadz, dan pengurus. What (pesan apa yang disampaikan), pesan yang sangat sering disampaikan yaitu motivasi. In which Channel (media apa yang digunakan) yaitu kegiatan pengajian serta media elektronik. To Whom (siapa mad’u-nya atau pen-dengarnya) dalam penelitian ini adalah seluruh santri Pesantren Life Skill Daarun Najaah. Serta With What Effect (efek apa yang diharapkan) yakni timbulnya rasa keimanan yang meningkat, serta rasa gotong royong terhadap sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Dakwah; Aklakul karimah; Santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:38
Last Modified: 10 Oct 2023 08:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21361

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics