Implikasi konsep humanisme dalam pendidikan Islam (telaah filosofis atas pemikiran Ali Syari’ati)

Muarif, Quthfi (2011) Implikasi konsep humanisme dalam pendidikan Islam (telaah filosofis atas pemikiran Ali Syari’ati). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 63111127-Coverdll.pdf]
Preview
Text
63111127-Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 63111127-Bab1.pdf]
Preview
Text
63111127-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 63111127-Bab2.pdf]
Preview
Text
63111127-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 63111127-Bab3.pdf]
Preview
Text
63111127-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 63111127-Bab4.pdf]
Preview
Text
63111127-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 63111127-Bab5.pdf]
Preview
Text
63111127-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of 63111127-Bibliografi.pdf]
Preview
Text
63111127-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji pemikiran Ali Syariati tentang humanisme dan implikasinya dalam pendidikan islam. Pembahasan ini dilatarbelakangi oleh maraknya tradisi keagamaan yang sekedar berkutat pada ritual, namun tidak bisa menunjukkan sikap kepedulian terhadap realitas sosial yang timpang. Padahal berbagai kesenjangan banyak terjadi di tengah masyarakat muslim, seperti neokolonialisme sebagai efek panjang globalisasi kapitalisme. Pada saat keadaan semacam ini, dalam pendidikan Islam perlu dilakukan reorientasi agar dapat membentuk watak muslim yang sadar realitas dan berkomitmen dalam penegakan nilai-nilai kemanusiaan atau humanisasi.
Rumusan masalah yang dimunculkan dalam penelitian yaitu pertama, apakah pemikiran Ali Syari’ati tentang humanisme. Kedua, bagaimanakah implikasi konsep humanisme menurut Ali Syariati dalam pendidikan Islam.
Permasalahan tersebut dibahas menggunakan jenis penelitian kualitatif literer, atau penelitian kepustakaan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filosofis dalam konteks kajian teoritis yang diurai secara mendalam dengan prinsip-prinsip berpikir filosofis. Sumber-sumber data utama diambil dari buku-buku karya Ali Syariati dan beberapa buku yang mengkaji pemikiran Ali Syariati sebagai penunjang.
Penelitian ini menunjukkan bahwa pembaruan Islam secara umum, dan dalam aspek pendidikan pada khususnya sangat urgen. Dari gagasan-gagasan Ali Syariati, kita akan menemukan inspirasi besar mengenai gerakan revolusioner menentang penindasan karena dianggap sebagai pelanggaran terhadap nilai-nilai kemanusiaan. Maka revolusi kultural dan struktural dalam kehidupan keagamaan perlu dilakukan untuk mempertajam rasa empati umat muslim terhadap ketidakadilan yang terjadi, dan diharapkan mampu memberi kontribusi berarti dalam upaya pembebasan. Visi perubahan ini dilakukan melalui pendidikan, yang secara substantif dilaksanakan sebagai proses ideologisasi dengan memihak pada masyarakat kelas bawah. Ideologisasi melalui pendidikan Islam juga harus senantiasa berlandaskan pada kesadaran ketuhanan sebagai realitas tertinggi tujuan hidup manusia agar tercipta pribadi yang dengan kematangan dan keselarasan antara intelektualitas dan spiritualitas. Ide-ide pendidikan islam dengan prinsip revolusioner dan religius adalah karakter utama pembaruan pendidikan Islam yang digagas oleh Ali Syariati.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hmanisme; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Jun 2014 03:42
Last Modified: 03 Jun 2014 03:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2137

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics