Peran stakeholders dalam mengembangkan pariwisata religi Makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak

Nisa, Salma Ummatin (2022) Peran stakeholders dalam mengembangkan pariwisata religi Makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801036152_Salma_Ummatin_Nisa] Text (Skripsi_1801036152_Salma_Ummatin_Nisa)
Skripsi_1801036152_Salma_Ummatin_Nisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran stakeholder dalam pengembangan pariwisata religi Makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak. Setiap stakeholder yang terlibat memiliki kepentingan dan pengaruh yang berbeda dalam pelaksanaan pengembangan pariwisata khususnya objek pariwisata religi Makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran stakeholders dalam mengembangkan pariwisata religi pada Makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak? (2) Bagaimana analisis SWOT pengembangan daya tarik pariwisata religi Makam Sunan Kalijaga di Kadilangu Demak?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran stakeholder dalam mengembangkan pariwisata religi pada Makam Sunan Kalijaga dan mengetahui analisis SWOT pengembangan daya tarik pariwisata religi Makan Sunan Kalijaga Kadilangu Demak. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dalam menganalisis data penulis melakukan tahap-tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Stakeholder yang terlibat dalam pengembangan wisata religi Makam Sunan Kalijaga terdiri dari Bisnis (pengusaha), Yayasan Sunan Kalijaga, Pemerintah Desa Kadilangu, Dinas Pariwisata, Masyarakat dan Tokoh Masyarakat, Wisatawan, Lembaga Swadaya Masyarakat. 2) Peran stakeholder yang terlibat dalam pengembangan destinasi wisata religi Makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak masih belum optimal, Yayasan Sunan Kalijaga sebagai stakeholder perlu meningkatkan manajemen kepengurusannya. Pemerintah sebagai stakeholder perlu meningkatkan perhatiannya terhadap objek pariwisata Makam Sunan Kalijaga. Peran masyarakat sebagai stakeholder perlu meningkatkan solidaritas. Peran pengusaha dan wisatawan sudah berjalan dengan baik, namun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) sebagai stakeholder perannya belum terlibat sama sekali.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Stakeholder; Wisata Religi; Makam Sunan Kalijaga; Makam Wali
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
900 Geography and history > 910 Geography and travel
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:38
Last Modified: 10 Oct 2023 02:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21371

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics