Strategi dakwah Pondok Tahfidz Roudlotul Qur’an Demak dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an santri

Istirokah, Siti (2022) Strategi dakwah Pondok Tahfidz Roudlotul Qur’an Demak dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an santri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801036160_Siti_Istirokah] Text (Skripsi_1801036160_Siti_Istirokah)
Skripsi_1801036160_Siti_Istirokah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi dakwah merupakan perpaduan dari sebuah perencanaan “Planning” dan manajemen dakwah untuk mencapai suatu tujuan. Pondok Tahfidz Roudlotul Qur’an Demak merupakan sistem Pondok Pesantren yang bertujuan agar santri dapat berakhlak mulia, mandiri, dan mampu memiliki kompetensi khususnya dalam menghafal Al-Qur’an. Dalam proses menghafal Al-Qur’an Pengasuh dan pengurus Pondok juga memiliki strategi tersendiri dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an, terlebih pondok ini merupakan pondok khusus anak-anak. Sehingga metode dan cara yang diterapkan juga berbeda dengan pondok tahfidz yang lain.
Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui kualitas hafalan di Pondok Tahfidz Roudlotul Qur’an Demak dan (2) untuk memahami strategi dakwah yang digunakan Pondok Tahfidz Roudlotul Qur’an Demak dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an santri.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, untuk memperoleh data yang diperlukan peneliti menggunakan sumber dua sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Kemudian dalam menganalisis data penulis menggunakan teori Milles dan Huberman, dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini bahwa strategi dakwah Pondok Tahfidz Roudlotul Qur’an Demak dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an Santri ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan untuk mensukseskan strategi dakwah yaitu: Perumusan Strategi, Implementasi Strategi, dan evaluasi strategi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah; Hafalan Al-Quran; Santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:45
Last Modified: 10 Oct 2023 02:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21372

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics