Pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi manfaat penggunaan e-wallet terhadap perilaku konsumtif generasi z melalui keputusan penggunaan sebagai variabel mediasi : studi kasus mahasiswa UIN Walisongo

Kharismasuci, Ifnasya (2023) Pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi manfaat penggunaan e-wallet terhadap perilaku konsumtif generasi z melalui keputusan penggunaan sebagai variabel mediasi : studi kasus mahasiswa UIN Walisongo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905036008_Ifnasya Kharismasuci_Lengkap] Text (Skripsi_1905036008_Ifnasya Kharismasuci_Lengkap)
Skripsi_1905036008_Ifnasya Kharismasuci_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Di Era Society 5.0 sekarang muncul berbagai layanan keuangan berbasis teknologi digital yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat. Di Indonesia, profil Fintech didominasi oleh sektor pembayaran, untuk itu hadir inovasi e-wallet perbankan maupun perusahaan. Dengan berbagai kemudahan dan manfaat yang ditawarkan e-wallet dalam bertransaksi akan banyak menarik minat masyarakat terutama generasi Z. Dampak yang timbul dari kemudahan yang ditawarkan akan membuat masyarakat berperilaku konsumtif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat e-wallet terhadap perilaku konsumtif pengunaan e-wallet dengan keputusan penggunaan sebagai variabel mediasi Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu incidental sampling. Populasi dalam penelitian ini merupakan Mahasiswa UIN Walisongo yang mewakili Generasi Z. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi, analisis jalur dan uji sobel. Data yang didapat dalam penelitian ini kemudian diolah menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan dan persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan e-wallet. Keputusan penggunaan dan persepsi manfaat berpengaruh positif dan sinifikan terhadap perilaku konsumtif. Sedangkan persepsi kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Hasil uji sobel manyatakan bahwa keputusan pengunaan mampu memediasi persepsi kemudahan dan persepsi manfaat terhadap perilaku konsumif

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi;, E-wallet; Perilaku konsumtif
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:36
Last Modified: 10 Oct 2023 08:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21381

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics