Kesadaran hukum masyarakat terhadap pentingnya pendaftaran hak atas tanah : studi kasus di Desa Binangun Kecamatan Bandar Kabupaten Batang

Hidayah, Khoirul (2023) Kesadaran hukum masyarakat terhadap pentingnya pendaftaran hak atas tanah : studi kasus di Desa Binangun Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1702056013_Khoirul_Hidayah] Text (Skripsi_1702056013_Khoirul_Hidayah)
Skripsi_1702056013_Khoirul_Hidayah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Sebagaimana kita ketahui, memiliki sertifikat tanah sangat penting untuk menghindari hal-hal yang mengakibatkan sengketa atau perkara-perkara mengenai tanah. Namun pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang belum memiliki sertifikat tanah, hal ini sangat penting mengingat begitu banyaknya kasus sengketa tanah. Begitu juga dengan kesadaran hukum masyarakat Desa Binangun Kecamatan Bandar Kabupaten Batang yang sebagian besar belum memiliki sertifikat tanah sama sekali. Maka penelitian ini bermaksud menjawab permasalahan tentang alasan dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran hukum masyarakat Desa Binangun tentang pentingnya melakukan pendaftaran tanah.
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode penelitian empiris, adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian non doktrinal. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari sumber data Primer yang meliputi wawancara dengan Anggota BPN Kabupaten Batang, Sekretaris Desa Binangun, Ibu Kepala Desa Binangun, dan sebagian masyarakat Desa Binangun. Kemudian sumber data sekunder yang terdiri dari peraturan perundang-undangan dan literatur lainnya seperti buku, jurnal, atau artikel yang terkait. Teknik pengumpulan data dilakukan berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh penulis kepada narasumber dan juga studi pustaka. Selanjutnya hasil penelitian ini dianalisis secara Deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kesadaran hukum masyarakat Desa Binangun Kecamatan Bandar Kabupaten untuk melakukan pendaftaran tanah masih rendah, adapun alasanya yaitu proses pendaftaran tanah terlalu kompleks, biaya yang dikeluarkan untuk melakuan pendaftaran tanah relatif tinggi, karakteristik masyarakat berdasarkan jenis pendidikan, jenis pekerjaan, berdasarkan cara perolehan tanah, dan luas tanah. berdasarkan alasan-alasan tersebut dapat diketahui bahwa Pengetahuan hukum masyarakat Desa Binangun tentang peraturan dalam pendaftaran tanah masih rendah, Pemahaman hukum tentang prosedur dan syarat-syarat dalam pendaftaran tanah masih rendah, Sikap hukum tentang pendaftaran tanah dikategorikan cukup, dan Pola perilaku hukum tentang pendaftaran tanah dapat dikategorikan cukup. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran hukum masyarakat Desa Binangun untuk melakukan pendaftaran tanah terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesadaran hukum; Pendaftaran tanah; Sertifikat; Hak milik atas tanah
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:38
Last Modified: 10 Oct 2023 04:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21382

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics