Analisis perbandingan kinerja keuangan Bank BNI Syariah berdasarkan NPF dan bopo sebelum dan sesudah spin off

Rini, Endang Setia (2020) Analisis perbandingan kinerja keuangan Bank BNI Syariah berdasarkan NPF dan bopo sebelum dan sesudah spin off. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1605036054_ENDANG_SETIA_RINI] Text (SKRIPSI_1605036054_ENDANG_SETIA_RINI)
1605036054_ENDANG SETIA RINI_FULL SKRIPSI - Rini Endang333.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pemisahan (spin off) adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk memperbaiki dan memaksimalkan kinerja suatu perusahaan. Objek penelitian ini adalah Bank BNI Syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja keuangan Bank BNI Syariah sebelum dan sesudah pemisahan (spin off) selama lima tahun sebelum pemisahan (2005-2009) dan lima tahun sesudah pemisahan (2015-2019). Rasio keuangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rasio kualitas aktiva produktif yang diwakili NPF dan rasio efisiensi yang diwakili BOPO, dan setelah itu hasil uji diinterpretasikan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan Bank BNI Syariah yang diterbitkan setiap bulan pada tahun 2005-2009 dan tahun 2015-2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Sampling Jenuh. Data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan Bank BNI Syariah yang diterbitkan setiap tiga bulan sekali. Penelitian ini dianalisis menggunakan uji statistik melalui SPSS dengan metode analisis statistik deskriptif, uji Paired Sample t Test, uji beda rata-rata (Independent Sample t Test), Uji Normalitas (Kolmogorov-Smirnov) dan dan Uji U (Mann-Whitney U-Test).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kinerja keuangan Bank BNI Syariah sebelum dan sesudah pemisahan (spin off) pada rasio NPF dengan nilai sign. < 0,05 dan perbedaan tersebut terletak pada aspek spiritual, sosiologis dan ekonomis. Sedangkan pada rasio BOPO menunjukkan hasil bahwa tidak terdapat perbedaan kinerja keuangan Bank BNI Syariah sebelum dan sesudah pemisahan (spin off) dengan nilai sign. > 0,05 dan tidak adanya perbedaan kinerja keuangan Bank BNI Syariah sebelum dan sesudah spin off dikarenakan Bank BNI Syariah telah mampu menjalankan kegiatan operasionalnya secara efektif dan efisien baik sebelum maupun sesudah pemisahan (spin off).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemisahan (Spin Off); Rasio Keuangan; dan Bank Syariah,
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 10 Oct 2023 07:23
Last Modified: 10 Oct 2023 07:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21388

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics