Analisis strategi pemasaran usaha alat pertanian dalam meningkatkan penjualan ditinjau dalam perspektif Islam : studi kasus pada UD. Portani Kabupaten Indragiri Hilir

Harahap, Portario Indra (2023) Analisis strategi pemasaran usaha alat pertanian dalam meningkatkan penjualan ditinjau dalam perspektif Islam : studi kasus pada UD. Portani Kabupaten Indragiri Hilir. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026008_Portario_Indra_Harahap] Text (Skripsi_1905026008_Portario_Indra_Harahap)
1905026008 _Portario Indra Harahap_Skripsi - portario.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Bisnis adalah kegiatan ekonomi vital yang berfokus pada menghasilkan keuntungan. Untuk mengurangi kerugian, sangat penting bagi perusahaan untuk menerapkan strategi pemasaran yang efektif, seperti yang ditunjukkan oleh UD. Portani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh UD. Portani dari perspektif Islam, serta upayanya mendongkrak penjualan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif fenomenologis dengan pendekatan kualitatif, dan memanfaatkan sumber data primer. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil temuan mengungkapkan bahwa UD. Portani menerapkan strategi Bauran Pemasaran yang meliputi strategi produk, distribusi, promosi, dan harga yang diselaraskan dengan prinsip-prinsip pemasaran Syariah. Perusahaan memastikan bahwa produknya halal, harga wajar, promosi mengikuti ajaran Islam, dan saluran distribusi sesuai dengan prinsip syariah. Selain itu, UD. Portani menggunakan metode STP (segmentation, targeting, dan positioning) untuk mendorong pertumbuhan pendapatan. Perusahaan berfokus pada penyediaan layanan pelanggan yang ramah dan efisien, meningkatkan kesaksian pelanggan, memperluas jaringannya, dan memberikan produk berkualitas tinggi untuk bersaing secara efektif dengan penawaran serupa di pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; marketing mix; STP
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 10 Oct 2023 09:07
Last Modified: 10 Oct 2023 09:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21395

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics