Analisis delik kealpaan (culpa) dalam kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain : studi kasus putusan no.3416/pid.sus/2019/pn.sby

Sururi, Ahmad Alfi (2023) Analisis delik kealpaan (culpa) dalam kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain : studi kasus putusan no.3416/pid.sus/2019/pn.sby. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802056020_Ahmad_Alfi_Sururi] Text (Skripsi_1802056020_Ahmad_Alfi_Sururi)
Skripsi_1802056020_Ahmad_Alfi_Sururi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Banyak kecelakaan lalu lintas yang terjadi disebabkan oleh kelalaian pengemudi baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Beberapa faktor yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas antara lain mengantuk saat mengemudi, kurang hati-hatian, dibawah tekanan orang lain, terpengaruh obat-obatan dan lain-lain. Penelitian ini menarik dikaji karena Pertama, faktor manusia atau human error yang menyebabkan kecelakaan terjadi baik karena kelalaian atau disengaja. Kedua, faktor hukuman pelaku yang seharusnya hakim menetapkan hukuman tersebut dilihat pada Objective Culpa (objek kelalaian) yang terjadi, namun pada apa yang telah ditetapkan oleh majelis hakim hanya dengan pidana penjara 3 (tiga) bulan. Kasus yang menjadi objek penulisan ini adalah mengenai kelalaian yang dilakukan oleh Catur Yanuar Sumarsono bin Karjono, karena kelalaiannya mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dengan korban luka berat yang mengakibatkan meninggalnya orang lain.
Penulis menggunakan metode penelitian normatif, dan putusan menjadi data yang bersifat sekunder. Metode penelitian normatif ini adalah cara untuk mendapatkan data yang berasal dari bahan pustaka atau dengan kata lain cara untuk mendapatkan data sekunder. Dalam penelitian ini yang dijadikan sebagai bahan hukum sekunder mengenai putusan hakim, buku-buku, artikel, dan internet, makalah-makalah dari seminar, serta karya tulis para pakar hukum, dibidang hukum pidana dan lalu lintas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hukum dalam putusan No.3416/Pid.Sus/2019/PN.SBY tindak pidana kelalaian yang dilakukan oleh Catur Yanuar Sumarsono bin Karjono dinyatakan sah terbukti bersalah oleh Majelis Hakim bahwa terdakwa Catur Yanuar Sumarsono bin Karjono melakukan tindak pidana kealpaan yang mengakibatkan seseorang meninggal dunia. Akan tetapi pada pembahasan ini terdapat pasal 310 ayat (4) UU RI No.22 Tahun 2009 yang kurang sesuai pada hukuman yang diterima kepada pembuat delik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tindak Pidana Kelalaian; Kecelakaan Lalu Lintas; Delik kealpaan; Mengakibatkan Kematian; Putusan pengadilan
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 345 Criminal law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:27
Last Modified: 10 Oct 2023 08:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21396

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics