Analisis deskriptif kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran pada aspek pengembangan moral dan nilai keagamaan: studi guru PAUD se kecamatan Tugu kota Semarang
Afiah, Afiah (2011) Analisis deskriptif kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran pada aspek pengembangan moral dan nilai keagamaan: studi guru PAUD se kecamatan Tugu kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63111135-coverdll.pdf - Accepted Version
Download (590kB) | Preview
63111135-bab1.pdf - Accepted Version
Download (78kB) | Preview
63111135-bab2.pdf - Accepted Version
Download (182kB) | Preview
63111135-bab3.pdf - Accepted Version
Download (131kB) | Preview
63111135-bab4.pdf - Accepted Version
Download (55kB) | Preview
63111135-bab5.pdf - Accepted Version
Download (12kB) | Preview
63111135-biblografi.pdf - Bibliography
Download (11kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Kreativitas Guru dalam Menggunakan Metode Pembelajaran pada Aspek Pengembangan Moral dan Nilai Keagamaan; Studi Guru PAUD Se Kecamatan Tugu Kota Semarang. Untuk menjawab permasalahan: 1) Metode apasajakah yang digunakan oleh guru PAUD se Kecamatan Tugu Kota Semarang dalam pembelajaran pada Aspek Pengembangan Moral dan Nilai Keagamaan? 2) Bagaimanakah kreativitas guru PAUD se Kecamatan Tugu Kota Semarang dalam menggunakan metode pembelajaran pada Aspek Pengembangan Moral dan Nilai Keagamaan ?.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan observasi, interview, dokumentasi untuk menjelaskan fenomena atau situasi tertentu secara aslinya. Mengumpulkan data yang relevan dengan penelitian yang dikaji, kemudian diolah dan dianalisis.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru PAUD se Kecamatan Tugu Semarang pada aspek pengembangan moral dan nilai keagamaan yaitu Metode Pembiasaan, Metode Keteladanan, Metode Kisah, Metode Karya wisata dan Metode Demonstrasi. (2) Kreativitas guru PAUD se Kecamatan Tugu Semarang dalam menggunakan metode pembelajaran pada aspek pengembangan moral dan nilai keagamaan sudah cukup baik. Hal ini terbukti dengan beberapa bentuk kreativitas yang dilakukan oleh guru PAUD se Kecamatan Tugu Kota Semarang dengan menciptakan berbagai inovasi pembelajaran yang mengarah kepada pembelajaran yang efektif dan menyenangkan anak didik. Sehingga dapat meningkatkan sumber daya manusia Indonesia, khususnya umat muslim sebagai Kholifatullah fi ardh untuk menjadi generasi yang cerdas, terampil dan berakhlakul karimah.
Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan Informasi Bagi para mahasiswa. Para tenaga edukatif, para peneliti dan stakeholder di lingkungan PAUD dan semua pihak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Guru; Metode Pembelajaran; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 03 Jun 2014 03:45 |
Last Modified: | 03 Jun 2014 03:45 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2140 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year