Upaya penanganan korban kekerasan berbasis gender online dalam fenomena victim blaming di LRC-KJHAM Semarang

Firdaus, Zanuba Anita (2023) Upaya penanganan korban kekerasan berbasis gender online dalam fenomena victim blaming di LRC-KJHAM Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802056027_Zanuba_Anita_Firdaus] Text (Skripsi_1802056027_Zanuba_Anita_Firdaus)
Skripsi_1802056027_Zanuba_Anita_Firdaus.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Jenis kejahatan yang sering ditemukan di tengah kehidupan masyarakat yang mengganggu ketertiban sosial adalah kekerasan seksual. Salah satu contoh kasus kekerasan seksual adalah Kekerasan Berbasis Gender Online atau yang biasa kita sebut dengan KBGO. Kasus KBGO yang ditangani oleh Legal Resource Center untuk Keadilan Jender dan Hak Asasi Manusia (LRC-KJHAM) Semarang yang terjadi pada Tahun 2020 lalu, dengan korban yang mendapatkan perlakuan victim blaming. Fokus penelitian skripsi ini yaitu bagaimana regulasi hukum perlindungan korban KBGO dalam hukum positif dan bagaimana upaya penanganan korban KBGO dalam fenomena victim blaming di LRC-KJHAM Semarang.
Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis-empiris atau disebut dengan penelitian lapangan yang mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataannya di masyarakat. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan dua sumber yaitu data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh dengan cara wawancara dengan LRC-KJHAM Semarang. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari buku, literatur jurnal, modul, arsip atau dokumen yang berkaitan dengan kasus tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya ketimpangan relasi antar gender yang cenderung terjadi terhadap perempuan. Adapun Undang-Undang untuk melindungi kepentingan korban antara lain UU No.13 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Saksi dan Korban, UU No.11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, UU No.44 Tahun 2008 Tentang Pornografi. Upaya yang dilakukan oleh LRC-KJHAM Semarang untuk memberikan pendampingan sampai korban merasa bahwa yang telah dilakukannya bukan serta merta karena perbuatannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tindak Pidana; Korban Kekerasan; Gender Online; Victim Blaming
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 345 Criminal law
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Oct 2023 09:21
Last Modified: 10 Oct 2023 09:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21400

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics