Strategi dakwah tim channel youtube Islamidotco dalam menyebarkan toleransi antar umat beragama

Nastiti, Dita Tri (2022) Strategi dakwah tim channel youtube Islamidotco dalam menyebarkan toleransi antar umat beragama. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of 1801026003_Dita_Tri_Nastiti_SKRIPSI] Text (1801026003_Dita_Tri_Nastiti_SKRIPSI)
1801026003_DITA TRI NASTITI_FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dita Tri Nastiti, 1801026003. Strategi Dakwah Tim Channel YouTube Islamidotco dalam Menyebarkan Nilai Toleransi antar Umat Beragama.
Kasus intoleransi masih sangat marak terjadi di Indonesia, toleransi antar umat beragama masih amat penting untuk diterapkan ke dalam kehidupan bermasyarakat. Dakwah yang sifanya mengajak kearah kebaikan tidak hanya menjadi rahmatan lil alamin untuk sesama muslim, namun juga untuk seluruh umat manusia. Menyampaikan dakwah yang memuat narasi toleransi juga kini dapat melalui media sosial seperti YouTube. Dalam berdakwah melalui YouTube inilah diperlukan sebuah strategi dakwah agar bagaimana narasi dakwah terkait toleransi antar umat beragama dapat tersebar secara luas sehingga dapat membuktikan bahwa agama Islam adalah agama yang rahmatan lil alamin bagi seluruh umat manusia.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deksriptif. Metode dari pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara bersama kru dari channel YouTube Islamidotco yang bertugas sebagai tim redaksi. Lalu selanjutnya, teknik analisis data pada penelitian menggunakan tiga tahapan yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan kemudian penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian terhadap channel YouTube Islamidotco dengan melihat strategi dakwah menurut Moh. Ali Aziz, rancangan kerja yang dilakukan oleh tim channel YouTube Islamidotco pada strategi dakwah terdiri dari lima hal yaitu, (1) pemilihan tema, yaitu memilih tema yang aktual atau sedang diperbincangkan, dan timeless yaitu pembahasan yang tidak mengenal waktu sehingga akan selalu jadi pembahasan, (2) penentuan narasumber, dengan menggunakan narasumber yang memiliki pengalaman terkait pembahasan mengenai toleransi antar umat beragama, (3) proses produksi, dilaksanakan sesuai dengan durasi tiap program yang dibuat dengan memaksimalkan alat dan kru yang ada, (4) tujuan pembuatan konten yaitu menampilkan islam yang ramah dan damai di tengah maraknya konten berisi ultra-konservatif sebagai bentuk counter dari narasi yang berisi intoleransi antar umat beragama, (5) metode promosi dan sasaran penonton, menggunakan sosial media seperti Facebook, YouTube, Twitter dan Website untuk media promosi, serta menyasar kelompok umat muslim menengah yang berusia 40 tahun kebawah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah; Tim Channel YouTube, Islamidotco
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 10 Oct 2023 10:37
Last Modified: 10 Oct 2023 10:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21406

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics