Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi gadai emas terhadap kepuasan nasabah PT Bank Syariah Indonesia KC Bone

Kasdaryanti, Iin (2023) Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi gadai emas terhadap kepuasan nasabah PT Bank Syariah Indonesia KC Bone. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905036017_Iin Kasdaryanti_Lengkap] Text (Skripsi_1905036017_Iin Kasdaryanti_Lengkap)
Skripsi_1905036017_Iin Kasdaryanti_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Gadai emas merupakan produk Bank Syariah berupa fasilitas pembiayaan dengan cara memberikan pinjaman (qardh) kepada nasabah dengan jaminan emas (perhiasan) dalam sebuah akad gadai (rahn). Gadai emas menjadi salah satu segmen ekonomi yang sangat diandalkan oleh masyarakat karena memiliki nilai taksiran tinggi dan biaya titipan rendah dengan proses yang cepat, aman, dan terjamin. Oleh karena itu, keberadaan gadai emas menjadi salah satu bagian yang ikut mempengaruhi perekonomian masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan promosi gadai emas terhadap kepuasan nasabah PT Bank Syariah Indonesia KC Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah gadai emas BSI KC Bone per 31 Desember 2022. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner (angket) secara langsung dan melalui google form kepada 90 responden berdasarkan hasil dari rumus slovin. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan software data yaitu Statistical Program for Social Science (SPSS) versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan promosi gadai emas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan hasil pengujian dengan uji koefisiensi regresi parsial (uji t) untuk variabel kualitas pelayanan (X1) diperoleh thitung 4,469 ˃ ttabel 1,663 dengan tingkat signifikansi 0,000 ˂ 0,05 dan uji t untuk variabel promosi (X2) diperoleh thitung 4,769 > ttabel1,663 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sementara, nilai koefisien determinasi atau R square sebesar 0,541 atau sebesar 54,1%. Hal ini berarti bahwa variabel kualitas pelayanan dan promosi dapat menjelaskan pengaruhnya terhadap kepuasan penggunaan gadai emas sebesar 54,1%. Sedangkan sisanya sebesar 45,9% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelayanan; Promosi; Gadai emas; Kepuasan nasabah; BSI KC Bone
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:56
Last Modified: 11 Oct 2023 02:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21415

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics