Manajemen pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus (studi di SDLB N Salatiga)
Purwanti, Purwanti (2011) Manajemen pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus (studi di SDLB N Salatiga). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63311012-Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
63311012-Bab1.pdf - Accepted Version
Download (47kB) | Preview
63311012-Bab2.pdf - Accepted Version
Download (176kB) | Preview
63311012-Bab3.pdf - Accepted Version
Download (29kB) | Preview
63311012-Bab4.pdf - Accepted Version
Download (75kB) | Preview
63311012-Bab5.pdf - Accepted Version
Download (10kB) | Preview
63311012-Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (13kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas pelaksanaan manajemen pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus. Kajiannya dilatarbelakangi oleh banyaknya anak cacat yang putus sekolah dikarenakan banyak hal. Sehingga dia tidak dapat hidup mandiri. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana Manajemen pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus di SDLB Negeri Salatiga? (2) Apa saja kendala yang dihadapi dan solusi yang dilakukan dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus di SDLB Negeri Salatiga? Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu metode analisis data yang berupa kata-kata, gambar dan bukan angka.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Kondisi objektif pembelajaran PAI bagi bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SDLB Negeri Salatiga dari pihak siswa dan guru mempunyai semangat yang luar biasaMenejemen pembelajaran PAI di SDLB Negeri Salatiga sudah cukup baik karena melibatkan guru dan peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Manajemen pembelajaran PAI di SDLB Negeri meliputi: a. Perencanaan yang meliputi: Penyusunan Rencana dan Program Pembelajaran (Silabus, RPP), Penjabaran Materi, Penentuan Strategi dan Metode Pembelajaran, Penyediaan Sumber, Alat dan Sarana Pembelajaran, Penentuan Cara dan Alat Penilaian Proses dan Hasil Belajar, Seting Lingkungan Pembelajaran rencanaan, b. Pengembangan difokuskan pada tiga ranah, yaitu: kognitif, psikomotor, dan afektif, c. Pelaksanaan meliputi; Pra Intruksional, Instruksional, Evaluasi/Tindak Lanjut, dan d.Tahap penilaian berdasarkan; Evaluasi kemampuan yang disesuaikan dengan tuntutan kurikulum peserta didik dengan kecerdasan normal, dan usia peserta didik yang disebut dengan maju berkelanjutan. (2) Adapun faktor Kendala dalam Pelaksanaan Manajemen Pembelajaran PAI di SDLB N Salatiga meliputi : a. Tingkat kesadaran masyarakat umum dan keluarga penyandang kelainan khusus tentang arti pentingnya pendidikan khusus (luar biasa) yang relatif kurang, b. Sarana dan Prasarana yang kurang lengkap, c. Tidak ada buku Penunjang pembelajaran PAI khusus PLB, d. Sumber Daya Manusia e. Pendanaan. Sedangkan upaya pemecahannya meliputi: a. Sekolah mensosialisasikan pentingnya pendidikan SLB serta sekolah menyediakan buku penghubung siswa dengan orangtua untuk mengajak berperan serta dalam mengawasi perkembangan belajar dan kemandiriannya, b. Memanfaatkan dan mendayagunakan dengan sebaik-baiknya sarana prasarana yang ada serta mengadakan kerjasama dengan pihak lain, c. Membentuk Tim MGMP khusus bagi siswa SLB, d. Mengajukan permohonan bantuan beasiswa bagi siswa berprestasi dibidang akademik dan ketrampilan kepada Walikota.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran; Anak Berkebutuhan Khusus; SDLB |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 03 Jun 2014 03:49 |
Last Modified: | 03 Jun 2014 03:49 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2143 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year