Analisis strategi pemasaran produk tabungan sirela di KSPPS YAUMMI Mas Pati

Setyaningsih, Nesti (2023) Analisis strategi pemasaran produk tabungan sirela di KSPPS YAUMMI Mas Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905036042_Nesti Setyaningsih_Lengkap] Text (Skripsi_1905036042_Nesti Setyaningsih_Lengkap)
Skripsi_1905036042_Nesti Setyaningsih_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

SIRELA (Simpanan Sukarela Lancar) yang merupakan salah satu produk unggulan di KSPPS Yaummi Mas Pati dan menjadi produk yang banyak diminati oleh anggota. produk tabungan SIRELA dirancang untuk membantu orang-orang yang memiliki kelebihan dana sehingga dapat disimpan dengan aman dan dapat diambil kembali jika diperlukan kapan pun. Produk ini dalam pelaksanaannya menggunakan akad wadiah yadlommanah. SIRELA adalah rekening tabungan yang dirancang untuk memberi para anggota peluang investasi harian yang fleksibel, memungkinkan penyetoran dan penarikan kapan saja, dan bagi hasil yang kompetitif tanpa biaya administrasi bulanan. Namun masyarakat tidak mengetahui mekanisme secara detail sehingga masyarakat lebih memilih menyimpan dananya di bank daripada di Baitul Maal Wat Tamwil (BMT).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk tabungan Sirela yang digunakan oleh KSPPS Yaummi Mas Pati, untuk mengetahui faktor yang menyebabkan masyarakat bergabung dengan sirela, dan dampak peningkatan profit dan dampak terhadap keamanan likuiditas karena banyaknya minat terhadap sirela. Adapun bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif yaitu berbentuk uraian atau kalimat yang memberikan gambaran tentang keadaan yang diteliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa KSPPS Yaummi Mas menggunakan strategi pemasaran 4P yaitu, strategi produk (product), strategi harga (price), strategi tempat (place), dan strategi promosi (promotion). Masyarakat memilih menggunakan produk sirela karena bagi hasil yang menarik, minimal setoran nominal yang rendah, dapat di ambil kapan saja, proses yang mudah, serta apabila masyarakat tidak bisa datang ke kantor untuk memberikan setoran tim marketing bisa mengambilnya. Banyaknya anggota yang menggunakan sirela membuat peningkatan profit bagi KSPPS Yaummi mas merupakan kabar baik bagi KSPPS Yaummi mas. Termasuk juga terhadap keamanan likuiditasnya terjaga sehingga tidak ada dampak buruk yang dihasilkan karena produk tabungan sirela lebih banyak diminati atau lebih mendominasi daripada produk lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Tabungan sirela; KSPPS Yaummi Mas
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Oct 2023 06:50
Last Modified: 11 Oct 2023 06:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21432

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics