Pengaruh faktor emosional dan faktor rasional terhadap keputusan nasabah dalam memilih jasa perbankan syarah pada nasabah Bank Syariah Indonesia : studi kasus nasabah di daerah Sumbermulyo Kecamatan Sarang

Jannah, Cahya Evakul (2023) Pengaruh faktor emosional dan faktor rasional terhadap keputusan nasabah dalam memilih jasa perbankan syarah pada nasabah Bank Syariah Indonesia : studi kasus nasabah di daerah Sumbermulyo Kecamatan Sarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905036043_Cahya Evakul Jannah_Lengkap] Text (Skripsi_1905036043_Cahya Evakul Jannah_Lengkap)
Skripsi_1905036043_Cahya Evakul Jannah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Emosional dan rasional merupakan bentuk-bentuk pikiran dari diri manusia, faktor emosional dan rasional digunakan dalam penelitian ini karena melihat dari nasabah berfikir secara rasional (logis) hanya mengingingkan keuntungan saja dalam bertransaksi di perbaankan, dengan secara emosional (rasa, keagamaan) nasabah lebih memilih bertransaksi melihat kehalalan produk perbankan. Melihat dari dua hal tersebut nasabah memiliki sikap dominan emosional dalam memilih bank syariah jika nasabah tersebut mendapatkan keuntungan sedikit dia bisa menerimanya asalkan produk atau bank yang ia gunakan halal.
Penelitian lapangan (field research) ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan mengelola data berupa angka yang didapatkan dari kuesioner dan kemudian mendeskripsikan dan menyimpulkan hasil data tersebut guna mengetahui signifikan pengaruh faktor emosional dan faktor rasional terhadap keputusan nasabah dalam memilih jasa perbankan syariah. Dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 96 responden.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keputusan nasabah; Fakto emosional; Faktor rasional
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Oct 2023 06:59
Last Modified: 11 Oct 2023 06:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21433

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics