Analisis strategi pemasaran produk pembiayaan ijarah pada KSPPS BMT Damar dalam meningkatkan keunggulan kompetitif

Dewi, Hesti Ayu (2023) Analisis strategi pemasaran produk pembiayaan ijarah pada KSPPS BMT Damar dalam meningkatkan keunggulan kompetitif. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905036050_Hesti Ayu Dewi_Lengkap] Text (Skripsi_1905036050_Hesti Ayu Dewi_Lengkap)
Skripsi_1905036050_Hesti Ayu Dewi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan hal yang penting dalam meningkatkan penjualan produk. Produk pembiayaan ijarah pada KSPPS BMT Damar memiliki jumlah nasabah 365 dengan aset 5,5 M lebih banyak dibandingkan dengan pembiayaan lainnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi apa yang digunakan KSPPS BMT Damar dalam menentukan target peningkatan pembiayaan ijarah sebagai produk andalan, menentukan kriteria produk pembiayaan ijarah, membangun citra (brand image), dan keunggulan produk pembiayaan ijarah di KSPPS BMT Damar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif, sumber data berasal dari sumber data primer dan sumber data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa KSPPS BMT Damar menentukan target peningkatan pembiayaan ijarah dengan menggunakan teori Ahmad Sumiyanto dalam penentuan target pasar demografik dengan memperhatikan klasifikasi usaha dan jenis usaha, perilaku yaitu produk pembiayaan ijarah dapat membiayai pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan lainnya seperti renovasi rumah, dan strategi pemasaran marketing mix 7P (product, price, place, promotion, people, process,physical evidence). Strategi product pembiayaan ijarah ini menerapkan pelayanan professional, strategi price produk pembiayaan ijarah menetapkan harga yang fleksibel dan biaya administrasi gratis, strategi place yaitu lokasi KSPPS BMT Damar sangat strategis karena dekat dengan pasar juga jalan raya dan mudah diakses dengan adanya fider, strategi promotion yang dilakukan KSPPS BMT Damar dengan penjualan pribadi, jemput bola, mulut ke mulut, periklanan, startegi people di KSPPS BMT Damar memiliki organisasi yang terstruktur dan mewajibkan seluruh karyawan memahami produknya, strategi process pada KSPPS BMT Damar menerapkan aplikasi MyBMT dan PayBMT juga menerapkan sistem jemput bola, strategi physical evidence pada KSPPS BMT Damar menerapkan fasilitas yang memadai. Dalam menentukan kriteria produk pembiayaan ijarah menggunakan 5C (character, capacity, capital, collateral, condition). KSPPS BMT Damar membangun citra (brand image) dengan melakukan pelayanan yang professional dan melakukan upaya penyebaran brosur, kampanye promosi produk, melakukan promosi media sosiaal melalui whatssap, instagram, facebook. Keunggulan dari produk pembiayaan ijarah di KSPPS BMT Damar yaitu biaya administrasi gratis, penentuan harga lebih fleksibel, risiko usaha pembiayaan ijarah ini lebih rendah karena pendapatan cenderung tetap.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Pembiayaan ijarah; KSPPS BMT Damar
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Oct 2023 08:26
Last Modified: 11 Oct 2023 08:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21441

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics