Pengaruh persepsi kegunaan, kemudahan dan pengetahuan informasi terhadap kepuasan masyarakat dalam bertransaksi menggunakan webform BSI : studi kasus BSI KCP Demak

Nuriya, Alvi Shafira Khoiri (2023) Pengaruh persepsi kegunaan, kemudahan dan pengetahuan informasi terhadap kepuasan masyarakat dalam bertransaksi menggunakan webform BSI : studi kasus BSI KCP Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905036047_Alvi Shafira Khoiri Nuriya_Lengkap] Text (Skripsi_1905036047_Alvi Shafira Khoiri Nuriya_Lengkap)
Skripsi_1905036047_Alvi Shafira_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti kali ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan dan Pengetahuan Informasi terhadap Kepuasan Nasabah dalam Bertransaksi Menggunakan Webform BSI. Penelitian ini dilakukan di BSI KCP Demak dengan melihat kepuasan nasabah saat melakukan transaksi menggunakan Webform BSI, hasil yang ditemukan dilapangan saat peneliti melekukan prariset dengan menyebarkan kuesioner kepada 43 nasabah, yang menunjukan bahwa 70% nasabah merasa tidak puas dengan adanya layanan transaksi menggunakan Webform BSI dan 30% merasa puas dengan adanya layanan transaksi menggunakan Webform BSI.
Metode penelitian yang diambil adalah penelitian kuantitatif, dan sumber data yang diambil data primer dengan penyebaran angket kuesioner secara langsung oleh nasabah BSI KCP Demak dengan kriteria bahwa nasbah tersebut pernah melakukan tranaksi menggunakan Webform BSI. Populasi di BSI KCP Demak berjumlah 32.000 nasabah dan sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrument (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolineritas dan uji heteroskedastisitas) analisis koefisien determinasi, analisis linier berganda dan uji hipotesis (uji t dan uji f).
Pada penelitian ini menunjukan bahwa variabel kemudahan memiliki pengaruh negatif terhadap tingkat kepuasan nasabah, yang dilihat dari nilai t hitung sebesar -0,871 < t table 1,988 dan nilai signifikansi 0,817 > 0,05. Dan variabel persepsi kegunaan dan pengetahuan infomasi memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan, dengan nilai t hitung dari persepsi kegunaan sebesar 5,683 > t table 1,988 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan nilai t hitung pengetahuan informasi sebesar 5,932 > t table 1,988 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Kemudahan; Informasi: Webform BSI
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Oct 2023 08:42
Last Modified: 11 Oct 2023 08:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21443

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics