Pengawasan Ombudsman dalam pembuatan E-KTP di Kabupaten Kendal dan implikasinya terhadap tertib administrasi kependudukan : studi di Kantor Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Tengah

Pratama, Rega Edy (2022) Pengawasan Ombudsman dalam pembuatan E-KTP di Kabupaten Kendal dan implikasinya terhadap tertib administrasi kependudukan : studi di Kantor Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1902056039_Rega_Edy_Pratama] Text (Skripsi_1902056039_Rega_Edy_Pratama)
Skripsi_1902056039_Rega_Edy_Pratama.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya ke pemilikan E-KTP bagi setiap masyarakat guna tata tertib administrasi yang merupakan hak dasar dan syarat dasar untuk memperoleh pelayanan publik lainnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengawasan yang dilakukan oleh Ombudsman dalam pelayanan pembuatan E-KTP di Kabupaten Kendal serta untuk mengetahui implikasinya terhadap tertib administrasi di Kabupaten Kendal. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan atau field research yang akan langsung dilaksanakan dilapangan dengan menggunakan pendekatan Non Doktrinal atau yuridis sosiologis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara dan dokumentasi. Wawancara ini dilakukan dengan staf Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah dan staf Kecamatan Kendal. Hasil wawancara mendapatkan informasi terkait bentuk pengawasan Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah terhadap pembuatan E-KTP di Kabupaten Kendal yaitu menerima laporan masyarakat serta menindak lanjuti laporan, dan melakukan kegiatan monitoring dan diskusi bersama beberapa kecamatan di Kabupaten Kendal secara berkala. Dengan adanya pengawasan Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah dengan cara monitoring dan memantau dari webside spkmlapor.Go.id, pelayanan pembuatan E-KTP di Kabupaten Kendal menjadi Lebih baik. Selain hal tersebut. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, salah satu bentuk pengawasan Ombudsman terhadap pelayanan pembuatan E-KTP di Kabupaten Kendal sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008. Implikasinya terhadap tertib administrasi bahwa pelayanan publik dari pembuatan E-KTP di Kabupaten Kendal merupakan hak dasar bagi masyarakat untuk dapat memperoleh pelayanan publik lainnya, sehingga pelayanan pembuatan E-KTP sangat bermaanfaat bagi masyarakat dan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Tengah memiliki peran penting dalam mengawasi pelayanan pembuatan E-KTP agar berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengawasan; E-KTP; Ombudsman; Tertib administrasi; Kependudukan
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 342 Constitutional and administrative law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 11 Oct 2023 09:17
Last Modified: 11 Oct 2023 09:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21447

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics