Penerapan asas peradilan cepat, sederhana, dan biaya ringan (contante justitie) dalam kasus pembunuhan berencana : studi kasus putusan nomor 530/Pid.B/2020/PN Smg

Saputra, Ryan Arsandi (2023) Penerapan asas peradilan cepat, sederhana, dan biaya ringan (contante justitie) dalam kasus pembunuhan berencana : studi kasus putusan nomor 530/Pid.B/2020/PN Smg. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1902056056_Ryan_Arsandi_Saputra] Text (Skripsi_1902056056_Ryan_Arsandi_Saputra)
Skripsi_1902056056_Ryan_Arsandi_Saputra.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Asas peradilan cepat, sederhana dan biaya ringan yaitu asas yang menghendaki proses pemeriksaan tidak berbelit-belit untuk melindungi hak tersangka guna mendapat pemeriksaan dengan cepat. Asas tersebut merupakan bagian hak-hak asasi manusia.
Penelitian ini merupakan penelitian normatif yang menjadikan kasus tindak pidana pembunuhan berencana oleh Budi Rochmanto sebagai objek penelitian dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus.
Hasil penelitian menerangkan bahwa penerapan asas peradilan cepat, sederhana, dan biaya ringan dalam kasus tersebut pada tahap pemeriksaan di Kepolisian dan Kejaksaan belum terpenuhi. Unsur “cepat” belum diterapkan secara optimal dikarenakan dalam tahap penyidikannya berlangsung relatif lama apabila ditimbang dengan bobot perkaranya yang tidaklah begitu sulit. Lebih lanjut unsur “sederhana” belum diterapkan dalam tahap pelimpahan berkas perkara dikarenakan adanya arus bolak-balik berkas perkara antara pihak Kepolisian dan Kejaksaan yang mengakibatkan proses pemeriksaannya terkesan tidak sederhana dan berbelit-belit. Adapun terkait unsur “Biaya Ringan” dalam seluruh tahapan sudah diterapkan secara optimal. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa faktor penghambat dalam penerapan asas tersebut dalam kasus ini yaitu minimnya pemahaman aparat penyidik tentang asas tersebut, banyaknya jumlah perkara yang ditangani oleh penyidik, dan minimnya saksi di lokasi saat kejadian. Adapun terkait faktor pendukung yaitu hakim yang bersikap kompeten dengan tidak menunda persidangan tanpa alasan yang jelas dan terdakwa yang bersikap kooperatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Asas peradilan; Pembunuhan berencana; Putusan pengadilan
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 345 Criminal law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 11 Oct 2023 10:16
Last Modified: 11 Oct 2023 10:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21453

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics