Kultur santri di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang

Rohmawati, Tri Yama (2023) Kultur santri di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016111_TRI_YARMA_ROHMAWATI] Text (SKRIPSI_1703016111_TRI_YARMA_ROHMAWATI)
1703016111_Tri Yama Rohmawati_full skripsi (1) - Tri Yama.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kultur adalah pembudayaan yang mampu mendukung perbaikan nilai, mutu serta perbaikan aspek lain dalam dunia pendidikan. Proses pembelajaran di lembaga pendidikan terdapat kultur organisasi yang terintegrasi didalam organisasi tersebut. Kultur organisasi (sekolah) yang terdiri dari artifak, nilai dan keyakinan, serta asumsi terintegrasi dengan seluruh komponen organisasi.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: bagaimana kultur santri di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang? Penelitian ini komponen pesantren dan warga pesantren (kyai, musyrif/musyrifah, dan santri) dan saling berhubungan dalam mewujudkan sebuah hubungan yang saling mempengaruhi satu sama lain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kultur santri Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang yang meliputi 1) Kegiatan sehari-hari yang menjadi tradisi pesntren yaitu : mengaji, roan, 2) Pembudayaan nilai ketakwaan/spiritual melalui kegiatan ibadah wajib berjamaah dan wiridan secara rutin. 3) Pembudayaan nilai kebersihan dengan menjaga kebersihan lingkungan dengan adanya kegiatan ro’an setiap hari yang dilakukan setiap pagi oleh seluruh santri. 4) Pembudayaan nilai kedisiplinan dengan membuat peraturan dan pemberian sanksi yang ditegakkan di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan melalui adanya mahkamah bagi santri yang melanggar peraturan di setiap minggunya. 5) Pembudayaan nilai sopan santun dengan proses memberikan contoh kepada santri dan sosialisasi melalui artifak slogan di Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kultur; santri dan pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:50
Last Modified: 12 Oct 2023 02:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21464

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics