Pengaruh pengetahuan,kemudahan, dan risiko terhadap minat bertransaksi menggunakan financial technology (fintech) di Bank Syari’ah Indonesia : studi kasus mahasiswa UIN Walisongo Semarang angkatan 2021

Siregar, Siti ramahdani (2023) Pengaruh pengetahuan,kemudahan, dan risiko terhadap minat bertransaksi menggunakan financial technology (fintech) di Bank Syari’ah Indonesia : studi kasus mahasiswa UIN Walisongo Semarang angkatan 2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905036078_Siti ramahdani Siregar_Lengkap] Text (Skripsi_1905036078_Siti ramahdani Siregar_Lengkap)
Skripsi_1905036078_Siti ramahdani Siregar_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat mendorong munculnya banyak inovasi didunia bisnis salah satunya dibidang layanan keuangan. Perkembangan berbasis teknologi digital salah satunya adalah Financila Technology atau biasa disebut Fintech . Financial Technology sebuah solusi layanan keuangan yang memanfaatkan teknologi digital dalam pengoperasiannya, Pada umumnya. berbagai kemudahan dan manfaat ditawarkan untuk memudahkan aktivitas, Namun hal ini masih banyak yang belum mengoptimalkan layanan keuangan dari produk Fintech. Hal ini adalah yang menjadi latar belakang pada penelitian ini khususnya penggunaan layanan fintech pada Bank Syariah Indonesia dengan produk BSI yaitu M- bangking, Net Banking dan transaksi tanpa Kartu ATM yang berjudul “ Pengaruh Pengetahuan, Kemudahan dan Risiko terhadap Minat bertransaksi menggunakan financial technology (fintech) Di Bank Syariah Indonesia”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perngaruh dari penegetahuan,kemudahan dan Risiko terhadap Minat bertransaksi menggunakan financial technology (fintech) Di Bank Syariah Indonesia secara bersama – sama.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif, mengumpulkan data dengan cara menyebarkan Kuisioner. Populasi dalam penelitian in adalah Mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang angkatan 2021. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini metode purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian ini adalah Bahwa Variabel Pengetahuan variabel pengetahuan berpengaruh postif dan signifikansii terhadap minat bertransaksi menggunakan fintech di BSI. Variabel Kemudahan kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat bertransaksi menggunakan fintech di BSI. Variabel Risiko bahwa variabel risiko berpengaruh negarif menunjukkan bahwa variabel risiko memiliki hubungan berlawanan dengan variabel minat bertransaksi menggunakan fintech di BSI. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat bertransaksi menggunakan fintech di BSI.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Risiko; Fintech; Mina; BSI
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:52
Last Modified: 12 Oct 2023 03:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21468

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics