Konsep birrul walidain dalam kitab akhlaqul lil banin karya Syaikh Umar Bin Ahmad Baroja’

Ardiatma, Athallah Naufal (2023) Konsep birrul walidain dalam kitab akhlaqul lil banin karya Syaikh Umar Bin Ahmad Baroja’. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016111_TRI_YAMA_ROHMAWATI] Text (SKRIPSI_1703016111_TRI_YAMA_ROHMAWATI)
1703016111_Tri Yama Rohmawati_full skripsi (1) - Tri Yama.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kemerosotan akhlak anak terhadap orang tua yang disebabkan karena kurangnya perhatian dan minimnya penanaman akhlak sejak dini pada anak. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan mengenai bagaimana konsep birrul walidain yang terkandung dalam kitab Akhlaqul Lil Banin karya Syaikh Umar bin Ahmad Baroja’. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif yang menekankan kepada sumber data kepustakaan (library research). Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan metode Analisis isi (conten analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep birrul walidain yang dijelaskan dalam kitab Akhlaqul Lil Banin meliputi: menghormati dan mencintai kedua orang tua, mengetahui bahwa kehidupan kedua orang tua merupakan suatu kenikmatan yang besar, bersikap sopan santun, berusaha untuk mendapatkan ridhonya, tidak meminta dihadapan tamu, membantu keduanya ketika sudah dewasa, berbakti kepadanya agar kelak keturunan kita akan berbakti kepada kita, segera meminta maaf apabila melakukan kesalahan, dan selalu mendoakan keduanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Birrul Walidain; Akhlaqul Lil Banin; Umar bin Ahmad Baroja’
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:30
Last Modified: 12 Oct 2023 06:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21477

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics