Pengaruh aktivitas menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual Santri Pondok Pesantren Riyadlul Qur’an Jepara

Tsurayya, Fara Alma JIhan (2023) Pengaruh aktivitas menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual Santri Pondok Pesantren Riyadlul Qur’an Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SRIPSI_1703016188_FAA_ALMA_JIHAN_TSURAYYA] Text (SRIPSI_1703016188_FAA_ALMA_JIHAN_TSURAYYA)
1703016188_Fara Alma Jihan Tsurayya_Full Skripsi - Shofiyah Marfu_ah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian dalam skripsi ini adalah seseorang yang menghafal Al-Qur’an harus di dukung dengan adanya motivasi entah itu motivasi dari luar maupun dari dalam, tetapi alangkah lebih baiknya jika motivasi itu tumbuh dari sendiri yang akan menyebabkan seseorang itu dapat melakukan sesuatu atas kesadarannya. Jika ada seseorang yang berfikir bahwa melatih dan mendidik hafalan Al-Qur’an pada anak dapat mengganggu kecerdasan berfikirnya. Justru seperti itu yang salah, melatih anak untuk menghafal Al-Qur’an akan dapat meningkatkan kecedasannya, dan kecerdasan itu disebut dengan Kecerdasan Spiritual.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh aktivitas menghafal al-qur’an terhadap kecerdasan spiritual santri Pondok Peantren Riyadlul Qur’an Jepara. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dan menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian dengan mengguanakan angka-angka kemudian dianalisis menggunakan statistik untuk menguji hipotesis. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simpel random sampling dengan jumlah responden sebanyak 83 santri.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, variabel aktivitas menghafal al-qur’an (X) adalah 53,29 berada pada interval 52-54, dengan ini menunjukan variabel (X) berada dalam kategori cukup. Kedua, variabel kecerdasan spiritual (Y) adalah 74,48 berada pada interval 73-75 dengan ini menunjukan variabel (X) dalam kategori cukup. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara aktivitas menghafal al-qur’an terhadap kecerdasan spiritual santri Pondok Pesantren Riyadlul Qur’an Jepara sebesar 14% kemudian sisanya sebesar 86% dipengaruhi oleh faktor lain yani kurangnya motivasi untuk menghafal, pengaruh negatif dari pergaulan teman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Menghafal; Kecerdasan Spiritual
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:36
Last Modified: 12 Oct 2023 08:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21490

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics