Efek dakwah dengan lantunan shalawat : studi channel youtube Majelis Azzahir Pekalongan
Muzzammil, Muhammad (2022) Efek dakwah dengan lantunan shalawat : studi channel youtube Majelis Azzahir Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.
1801026061_Muhammad Muzzammil_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Muhammad Muzzammil, 1801026061. Dakwah dengan lantunan shalawat (studi channel youtube majelis azzahir pekalongan).
Penelitian ini membahas tentang dakwah dengan lantunan shalawat menggunakan Youtube yang terdapat pada channel Youtube Majelis Azzahir. Pada saat ini banyak sekali channel Youtube yang bermunculan, namun tidak semua channel Youtube tersebut menyajikan tontonan yang baik untuk semua golongan, untuk itu dibuatlah channel Youtube Majelis Azzahir sebagai bentuk media dakwah dan supaya masyarakat tidak terpengaruh dengan konten – konten yang tidak baik.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis efek dakwah melalui Youtube di channel Youtube majelis azzahir. Jenis penelitian yang akan digunakan yakni kualitatif. Metode pengumpulan data melalui dokumetasi dan wawancara. Kemudian data yang sudah diperoleh akan dianalisis menggunakan teori efek dakwah. Efek dakwah sendiri ialah perubahan perilaku manusia yang telah mendapatkan sebuah pesan dari media massa.
Ada tiga dimensi efek dakwah yaitu efek kognitif meliputi peningkatan kesadaran, belajar, dan tambah pengetahuan, efek afektif berhubungan dengan emosi, perasaan, dan sikap. Efek behavioral berhubungan dengan prilaku dan niat untuk melakukan sesuatu. Efek Kognitif, yang didefinisikan sebagai pemahaman ajaran Islam seputar pentingnya bershalawat, berbakti kepada kedua orangtua, dan mencintai tanah air Indonesia yang diberikan da’i dalam channel Youtube Majelis Azzahir kepada mad’unya yaitu Subscriber (Pelanggan) atau penontonnya.. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa para informan mengalami efek afektif informan bisa merasakan perasaan senang, terharu, dan ketika menonton Youtube Majelis Azzahir. para informan juga mengalami efek kognitif dimana para informan memahami, mengetahui apa pesa-pesan yang disampaikan dalam channel Youtube Majelis Azzahir. para informan juga mengalami efek behavioral yaitu para informan malakukan dan memngamalkan lantunan shlawat di kegiatan keseharian mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dakwah; Efek Dakwah; Youtube; Shalawat |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Ana Afida |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 10:40 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 10:40 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21499 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year