Strategi akun instagram santri gayeng dalam mengembangkan desain komunikasi visual sebagai media dakwah
Maulana, Riski (2022) Strategi akun instagram santri gayeng dalam mengembangkan desain komunikasi visual sebagai media dakwah. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.
1801026065_RiskiMaulana_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Riski Maulana, NIM 1801026065. Strategi Akun Instagram Santri Gayeng Dalam Mengembangkan Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Dakwah.
Belakangan ini kegiatan dakwah berkembang sangat inovatif dan kreatif dalam mengikuti perkembangan zaman yang ada, kini dakwah dapat disampaikan melalui media sosial salah satunya yakni media sosial Instagram. Media dakwah yang dapat digunakan salah satunya dengan menggunakan desain komunikasi visual. Salah satu akun Instagram dakwah ialah akun Instagram Santri Gayeng yang melaksanakan dakwah dengan menerapkan desan komunikasi visual dalam postingan pesan dakwah yang disampaikannya. Pesan dakwah yang disampaikan mengandung unsur dakwah dan nilai keagamaan guna mengobati, mengajak maupun mempengaruhi pembaca untuk ke jalan yang benar sesuai dengan perintah Allah SWT. Tentunya akun Instagram Santri Gayeng memiliki strategi yang digunakan dalam mengembangkan desain komunikasi visual sebagai media dakwah, sehingga pesan dakwah yang disampaikan dapat tersampaikan dengan baik dan dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana strategi akun Instagram Santri Gayeng dalam mengembangakan desain komunikasi visual sebagai media dakwah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik analasis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Hasil dari penelitian ini bahwa akun Instagram Santri Gayeng dalam mengembangkan desain komunikasi visual sebagai media dakwah melalui tiga tahapan strategi menurut teori manajemen strategi yang dikemukakan Fred R. David, diantaranya: perumusan strategi yaitu menentukan tujuan yang digunakan untuk mencapai strategi yakni dengan memberikan hal baru dalam dunia desain komunikasi visual, bahwasannya desain komunikasi visual dapat menjadi media dakwah yang efektif untuk menyebarkan informasi dan pesan keagamaan sebagai pesan hidup masyarakat, implementasi strategi yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan maqolah-maqolah dari kitab kuning sebagai sumber dari pesan dakwah dan menerapkan pembagian tugas sesuai dengan job description dan evaluasi strategi meliputi membahas sudah atau belum berjalan strategi yang sudah diterapkan dengan mengukur dari jangkauan yang dihasilkan, sehingga dapat dijadikan bahan evaluasi kedepan serta mengumpulkan ide dan gagasan baru supaya lebih baik lagi kedepan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; Instagram; Desain Komunikasi Visual; Media Dakwah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Ana Afida |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 10:46 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 10:46 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21500 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year