Strategi akun instagram santri gayeng dalam mengembangkan desain komunikasi visual sebagai media dakwah

Maulana, Riski (2022) Strategi akun instagram santri gayeng dalam mengembangkan desain komunikasi visual sebagai media dakwah. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1801026065_RISKI_MAULANA_SKRIPSI] Text (1801026065_RISKI_MAULANA_SKRIPSI)
1801026065_RiskiMaulana_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Riski Maulana, NIM 1801026065. Strategi Akun Instagram Santri Gayeng Dalam Mengembangkan Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Dakwah.
Belakangan ini kegiatan dakwah berkembang sangat inovatif dan kreatif dalam mengikuti perkembangan zaman yang ada, kini dakwah dapat disampaikan melalui media sosial salah satunya yakni media sosial Instagram. Media dakwah yang dapat digunakan salah satunya dengan menggunakan desain komunikasi visual. Salah satu akun Instagram dakwah ialah akun Instagram Santri Gayeng yang melaksanakan dakwah dengan menerapkan desan komunikasi visual dalam postingan pesan dakwah yang disampaikannya. Pesan dakwah yang disampaikan mengandung unsur dakwah dan nilai keagamaan guna mengobati, mengajak maupun mempengaruhi pembaca untuk ke jalan yang benar sesuai dengan perintah Allah SWT. Tentunya akun Instagram Santri Gayeng memiliki strategi yang digunakan dalam mengembangkan desain komunikasi visual sebagai media dakwah, sehingga pesan dakwah yang disampaikan dapat tersampaikan dengan baik dan dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana strategi akun Instagram Santri Gayeng dalam mengembangakan desain komunikasi visual sebagai media dakwah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik analasis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Hasil dari penelitian ini bahwa akun Instagram Santri Gayeng dalam mengembangkan desain komunikasi visual sebagai media dakwah melalui tiga tahapan strategi menurut teori manajemen strategi yang dikemukakan Fred R. David, diantaranya: perumusan strategi yaitu menentukan tujuan yang digunakan untuk mencapai strategi yakni dengan memberikan hal baru dalam dunia desain komunikasi visual, bahwasannya desain komunikasi visual dapat menjadi media dakwah yang efektif untuk menyebarkan informasi dan pesan keagamaan sebagai pesan hidup masyarakat, implementasi strategi yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan maqolah-maqolah dari kitab kuning sebagai sumber dari pesan dakwah dan menerapkan pembagian tugas sesuai dengan job description dan evaluasi strategi meliputi membahas sudah atau belum berjalan strategi yang sudah diterapkan dengan mengukur dari jangkauan yang dihasilkan, sehingga dapat dijadikan bahan evaluasi kedepan serta mengumpulkan ide dan gagasan baru supaya lebih baik lagi kedepan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Instagram; Desain Komunikasi Visual; Media Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 12 Oct 2023 10:46
Last Modified: 12 Oct 2023 10:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21500

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics