Pendidikan agama islam dalam masyarakat multikultural di Tlogosari Kulon

Nurhaliza, Siti (2023) Pendidikan agama islam dalam masyarakat multikultural di Tlogosari Kulon. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1803016016_SITI_NURHALIZA] Text (SKRIPSI_1803016016_SITI_NURHALIZA)
1803016016_Siti Nurhaliza_Full Skripsi - Siti Nurhaliza.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan sangat penting bagi generasi sekarang dan selanjutnya, baik itu pendidikan secara formal maupun non formal. Pendidikan Agama Islam sangat dibutuhkan bagi masyarakat muslim, terlebih jika berada di sekitar masyarakat yang Multikultural. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dalam masyarakat Multikultural dan mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam pelaksanaannya. Subjek penelitian ini adalah tokoh masyarakat dan masyarakat muslim setempat. Penelitian menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Untuk menguatkan data penelitian, peneliti menggunakan uji keabsahan data dengan triangulasi data, yaitu: triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian Pendidikan Agama Islam dalam masyarakat Multikultural di Tlogosari Kulon menunjukkan bahwa Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dalam masyarakat Multikultural sama saja dengan masyarakat yang tidak Multikultural atau beragam, hal ini telah dibuktikan pada Program Masjid di sekitar yang dapat tercapai dengan baik, dan dapat dilihat dari segi materi Pendidikan Agama Islam yang meliputi: aspek akidah, aspek syariah, dan aspek akhlak. Adapun metode Pendidikan Agama Islam yang digunakan diantaranya: metode teladan, metode kisah, metode pembiasaan, metode ceramah, dan metode diskusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Masyarakat; dan Multikultural.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:32
Last Modified: 13 Oct 2023 03:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21505

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics