Efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti berbasis outdoor learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 31 Semarang

Amin, Acmad Yafi Miftakul (2023) Efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti berbasis outdoor learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 31 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1803016056_ACHMAD_YAFI_MIFTAKUL_AMIN] Text (SKRIPSI_1803016056_ACHMAD_YAFI_MIFTAKUL_AMIN)
1803016056_Acmad Yafi Miftakul Amin_Lengkap Tugas Akhir - Acmad Yafi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 31 Semarang. Pembelajaran outdoor merupakan salah satu model pembelajaran yang dalam penerapannya berada di luar ruangan. Kegiatan belajar mengajar di luar kelas akan mampu menjadikan siswa lebih semangat dan menyenangkan dalam belajar. Penelitian ini di bertujuan (1) untuk mengetahui Penerapan Outdoor Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dan (2) untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis Outdoor Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 31 Semarang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental research dengan rancangan preteset-posttest nonequivalent control group design. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Selanjutnya data dianalisis menggunakan bantuan program SPSS IBM 23 dan rumus analisis uji paired sample t-test untuk menguji hipotesis yang telah diajukan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan outdoor learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berjalan dengan baik. Dari hasil observasi 2 kali pengamatan diperoleh nilai persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 64,06% dan nilai persentase rata-rata kegiatan siswa 60,15%. Maka berdasarkan pada nilai kumulatif aktivitas guru dan kegiatan siswa diperoleh persentase rata-rata skor sebesar 62,10% yang artinya berkriteria baik. 2) hasil belajar siswa kelas eksperimen pada nilai pre-test sebesar 55,47. Sementara pada nilai post-test sebesar 79,72. Maka nilai pre-test lebih kecil daripada nilai post-test yaitu 55,47 < 79,72 jadi secara deskriptif statistik dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa antara pre-test dan post-test. Kemudian berdasarkan hasil uji paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima taraf signifikan α = 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan (nyata) antara rata-rata hasil belajar pre-test dengan post-test yang artinya terdapat Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 31 Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran PAI dan BP; Outdoor Learning; Hasil Belajar Siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 13 Oct 2023 06:29
Last Modified: 13 Oct 2023 06:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21516

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics