Analisis strategi penyaluran zakat produktif semarang makmur sebagai solusi mengatasi kemiskinan di Kota Semarang tahun 2022

Tambunan, Nurul Raihani (2023) Analisis strategi penyaluran zakat produktif semarang makmur sebagai solusi mengatasi kemiskinan di Kota Semarang tahun 2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026022_Nurul_Raihani_Tambunan] Text (Skripsi_1905026022_Nurul_Raihani_Tambunan)
1905026022_Nurul Raihani Tambunan_Full_Skripsi - Nurul Raihani Tambunan.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Zakat mempunyai kiprah yang penting dalam menaikkan kesejahteraan masyarakat. Penyaluran zakat produktif bertujuan untuk mengembangkan perekonomian mustahik. BAZNAS Kota Semarang sebagai salah satu lembaga yang bertugas menghimpun dan menyalurkan dana zakat seharusnya memiliki startegi dalam menyalurkan zakat yang telah terkumpul agar dapat tersalurkan dengan tepat sasaran sehingga zakat sebagai media pengentas kemiskinan dapat terealisasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme dan strategi penyaluran zakat produktif Semarang Makmur sebagai solusi mengatasi kemiskinan di Kota Semarang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data primer diperoleh melalui hasil observasi dan wawancara mendalam (in-depth interview) dengan informan yang memiliki kompetensi seperti manajer atau karyawan BAZNAS Kota Semarang dan juga mustahik. Kemudian data sekunder yang diperoleh dari laporan-laporan, buku, jurnal penelitian, artikel yang masih berkaitan dengan permasalahan penelitian. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisa data, peneliti menggunakan deskriptif analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme dan startegi penyaluran zakat produktif Semarang Makmur berhasil meningkatkan pendapatan dan perekonomian mustahik. Mekanisme penyaluran zakat produktif pada program Semarang Makmur sudah sesuai dengan Undang-undang No. 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat namun belum sepenuhnya maksimal. Karena pengawasan yang paling maksimal masih pada program sentra ternak saja. Analisis strategi penyaluran zakat produktif di BAZNAS Kota Semarang bahwa telah dilakukan semaksimal mungkin yaitu dengan melakukan survei langsung ke lokasi calon mustahik, kemudian melakukan wawancara dan asesmen Selain itu juga mengadakan MoU untuk mengurangi resiko terburuk dan agar dapat mengembangkan usaha sehingga dapat terbebas dari kemiskinan dengan diberikan bantuan modal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zakat produktif; BAZNAS; kemiskinan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 13 Oct 2023 06:52
Last Modified: 13 Oct 2023 06:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21519

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics