Nilai-nilai karakter kepemimpinan Abdur Razaq Fachruddin dan Implementasi dalam pendidikan islam

Avesiana, Kurnia Pangesti (2023) Nilai-nilai karakter kepemimpinan Abdur Razaq Fachruddin dan Implementasi dalam pendidikan islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1803016085_KURNIA_PANGESTI_AVESIANA] Text (SKRIPSI_1803016085_KURNIA_PANGESTI_AVESIANA)
1803016085_Kurnia Pangesti Avesiana_Full Skripsi - Kurnia Pangesti Avesiana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan sejatinya adalah gerbang untuk mengantar umat manusia menuju peradaban yang lebih tinggi dan humanis dengan berlandaskan pada keselarasan hubungan manusia,lingkungan, dan sang pencipta. Pendidikan secara terus menerus dibangun dan dikembangkan agar proses pelaksanaannya menghasilkan generasi yang diharapkan mampu untuk melanjutkan perjuangan bangsa dan memiliki karakter mulia. Rumusan tentang kebijakan pendidikan yang telah disusun oleh pemangku kebijakan pendidikan akan adanya penanaman karakter yang di berikan melalui setiap mata pelajaran, namun realitanya tidak diimplementasikan dalam praktik pembelajaran disekolah, sehingga menyebabkan fenomena sosial yaitu meningkatnya kenakalan remaja dalam masyarakat.
Penelitian ini mendeskripsikan tentang nilai-nilai karakter kepemimpinan AR Fachruddin dan Implementasi nilai karakter kepemimpinan AR Fachruddin pada pendidikan Islam,Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian kepustakaan (library Research) dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini terfokus pada nilai karakter AR Fachruddin pada saat menjadi pimpinan Muhammadiyah.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, dan teknik análisis data yang digunakan adalah análisis isi atau content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter kepemimpinan AR Fachruddin meliputi lima karakter yaitu: ,karakter religius, karakter jujur, karakter demokratis, karakter komunikatif dan karakter kesederhanaan. Kelima karakter tersebut di jabarkan dan diimplementasi kedalam pendidikan Islam melalui berbagai pendekatan, diantaranya: melalui pemahaman, Pembiasaan, keteladanan dan Pembudayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Pendidikan Islam; Akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:15
Last Modified: 13 Oct 2023 07:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21523

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics