Pengaruh literasi, promosi, religiusitas terhadap minat menabung pada BSI Kcp Demak : studi kasus di Kelurahan Bakalrejo Kecamatan Guntur Kabupaten Demak

Ulum, Muhammad Hidayatul (2023) Pengaruh literasi, promosi, religiusitas terhadap minat menabung pada BSI Kcp Demak : studi kasus di Kelurahan Bakalrejo Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905036100_Muhammad Hidayatul Ulum_Lengkap] Text (Skripsi_1905036100_Muhammad Hidayatul Ulum_Lengkap)
Skripsi_1905036100_Muhammad Hidayatul Ulum_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Saat ini, Perbankan syariah lahir sebagai tuntutan dari masyarakat Islam yang menginginkan adanya sebuah sistem perbankan yang menerapkan ajaran Islam. Selain perbankan syariah di Indonesia juga terdapat bank konvensional. Hingga saat ini, di Indonesia sendiri masih didominasi oleh bank konvensional, hal ini menandakan bahwa masyarakat lebih memilih menggunakan jasa atau produk bank konvensional. Literasi, promosi dan religiusitas merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku masyarakat untuk mengambil keputusan. Secara tidak langsung menjadi faktor penentu ketertarikan minat masyarakat untuk menggunakan produk dan jasa perbankan syariah.
Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode survei dengan pendekatan analisis kuantitatif. Data Primer dari penelitian ini diperoleh dari angket atau kuisoner yang disebar ke masyarakat Kelurahan Bakalrejo dengan sampel berjumlah 100 responden, Data penelitian dianalisis dengan alat statistik yaitu SPSS versi 2.2. Metode yang digunakan penelitian ini adalah: Analisis statistik deskriptif, analisis uji instrumen (validitas dan reabilitas), uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas), uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis (uji R2 , F, T).
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa literasi, promosi dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah Indonesia di daerah Demak Kota dan keterpengaruhan dari literasi, promosi dan religiusitas didominasi oleh variabel promosi. Dibuktikan dengan nilai koefisien regresi promosi yang lebih besar dari nilai koefisien regresi literasi dan religiusitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi; Promosi; Religiulitas; Minat menabung
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Oct 2023 08:06
Last Modified: 13 Oct 2023 08:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21529

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics