Pendidikan moderasi beragama dalam buku “wasathiyyah wawasan islam tentang moderasi beragama” karya M. Quraish Shihab

Anwar, Misfakhul (2023) Pendidikan moderasi beragama dalam buku “wasathiyyah wawasan islam tentang moderasi beragama” karya M. Quraish Shihab. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1803016102_MISFAKHUL_ANWAR] Text (SKRIPSI_1803016102_MISFAKHUL_ANWAR)
1803016102_Misfakhul Anwar_Full Skripsi - Misfakh Anwar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kemajemukan yang ada di Indonesia tidak jarang menjadi penyebab terjadinya konflik, terlebih pada ranah agama, sehingga menuntut masyarakat untuk memiliki sikap moderat (moderasi beragama). Wasathiyyah atau moderasi saat ini telah menjadi dikursus dan paradigma baru dalam Islam, yang diyakini dapat menampilkan umat Islam yang lebih adil, lebih unggul, lebih toleran dan lebih damai. Dengan paham dan sikap moderat ini umat Islam diharapkan mampu mempertahankan nilai-nilai ajarannya yang berdasarkan Al-qur’an dan As-sunnah. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai – nilai pendidikan moderasi beragama yang terdapat dalam buku “Wasathiyyah Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama” karya M. Quraish Shihab.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu buku “Wasathiyyah Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama” karya M. Quraish Shihab dan sumber data sekunder berupa buku yang relevan, jurnal, artikel, kamus, serta hasil penelitian sebelumnya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis isi (content analysis).
Hasil analisis menunjukkan bahwa secara umum dalam buku “Wasathiyyah Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama” karya M. Quraish Shihab ini mengandung muatan pendidikan moderasi beragama. Adapun pendidikan moderasi beragama tersebut adalah pendidikan damai, pendidikan ekonomi, pendidikan toleransi, pendidikan moderat, pendidikan keseimbangan, dan pendidikan profetik Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Moderasi Beragama; Wasathiyyah; Quraish Shihab
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 13 Oct 2023 08:14
Last Modified: 13 Oct 2023 08:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21531

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics