Pengaruh literasi keuangan dan fintech payment terhadap financial behavior mahasiswa pada bank syariah : studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang

Abidin, Zaenul (2023) Pengaruh literasi keuangan dan fintech payment terhadap financial behavior mahasiswa pada bank syariah : studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905036105_Zaenul Abidin_Lengkap] Text (Skripsi_1905036105_Zaenul Abidin_Lengkap)
Skripsi_1905036105_Zaenul Abidin_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Literasi keuangan adalah pengetahuan dan keterampilan untuk mengetahui bagaimana mengelola dan memanfaatkan perekonomian dengan sebaik-baiknya. Fintech Payment adalah proses bertukar nilai mata uang dari suatu produk atau layanan menggunakan perangkat seluler. Financial behavior atau perilaku ekonomi adalah salah satu cara bertindak atas sesuatu yang dibentuk oleh manusia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Literasi Keuangan dan Fintech Payment terhadap Financial Behavior pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 95 Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode accidental sampling. Pengolahan data primer menggunakan teknik analisis Statistical Package for Social Science (SPSS) dengan metode analisis regresi berganda.
Hasil dari penelitian membuktikan bahwa secara simultan Literasi Keuangan dan Fintech Payment berpengaruh signifikan terhadap Financial Behavior karena dengan hasil perhitungan uji secara simultan (uji F) menunjukan dimana Fhitung 34,403 > Ftabel 3,10, dan nilai sig 0,000 < 0,05. Dan secara parsial, Literasi Keuangan berpengaruh signifikan terhadap Financial Behavior pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Sedangkan Fintech Payment tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Financial Behavior pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi keuanganl Fintech paymen; Financial behavior
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Oct 2023 01:33
Last Modified: 14 Oct 2023 01:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21544

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics