Faktor penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah dan cara penyelesaiannya pada produk pembiayaan murabahah di BMT NU Sejahtera Jepara

Lail, Naba Ala (2023) Faktor penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah dan cara penyelesaiannya pada produk pembiayaan murabahah di BMT NU Sejahtera Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905036106_Naba A_la Lail_Lengkap] Text (Skripsi_1905036106_Naba A_la Lail_Lengkap)
Skripsi_1905036106_Naba A_la Lail_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pembiayaan bermasalah merupakan salah satu resiko besar yang dihadapi setiap dunia perbankan baik itu bank konvensional, bank syariah, koperasi, maupun BMT. Pembiayaan bersmasalah atau macet sangat memberikan dampak buruk terhadap BMT. Salah satu dampaknya yaitu tidak terlunasi sebagian maupun seluruh pembiayaan.Semakin besar pembiayaan bermasalah maka akan berdampak buruk terhadap tingkat kesehatan likuiditas BMT. Hal ini juga berpengaruh pada menurunnya tingkat kepercayaan para deposan yang menitipkan dananya.
Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran secara sistematis aktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat, serta hubungan antar fenomena yang diselidiki dan kemudian mengambil kesimpulan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil observasi digunakan sebagai bukti untuk mendapatkan data yang ditunjang dengan melakukan studi literarur yang berkaiatan dengan regulasi perlakuan pembiayaan murabahah bermasalah.
Hasil penelitian mengenai “mengenai faktor penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah dan cara penyelesaiannya pada produk murabahah di BMT NU Sejahtera Jepara.”Faktor yang menyebabkan pembiayaan murabahah bermasalah di BMT NU Sejahtera Jepara karena dari pihak BMT dn pihak nasabah (faktor internal) dan juga dari musibah bencana alam (faktor eksternal). Tinjauan hukum Islam terhadap penyelesaian pembiayaan murabahah bermasalah di BMT NU Sejahtera Jepara sesuai dengana prinsip-prinsip hukum Islam. Karena dalam menangani pembiayaan bermasalah BMT NU Sejahtera Jepara melakukan cara-cara seperti musyawarah terlebih dahulu, pemberian keringanan, penjadwalan ulang, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan; Akad murabahah; BMT NU Sejahtera
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Oct 2023 01:40
Last Modified: 14 Oct 2023 01:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21545

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics