Pengaruh penguasaan literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada mata pelajaran fikih di MA Al Asror semarang

Fadillah, Dzulhijah Kurnia (2023) Pengaruh penguasaan literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada mata pelajaran fikih di MA Al Asror semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1803016115_DZULHIJAH_KURNIA_FADILLAH] Text (SKRIPSI_1803016115_DZULHIJAH_KURNIA_FADILLAH)
1803016115_Dzulhijah Kurnia Fadillah_Full Skripsi - Dzulhijah Kurnia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh penguasaan literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada mata pelajaran Fikih di MA Al Asror Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada tidaknya pengaruh penguasaan literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada mata pelajaran Fikih di MA Al Asror Semarang, (2) besar pengaruh penguasaan literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa XI pada mata pelajaran Fikih di MA Al Asror Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 55 siswa kelas XI MA Al Asror Semarang. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes tertulis berbentuk multiple choice dan esai.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada mata pelajaran Fikih di MA Al Asror Semarang,. Hal ini dibuktikan melalui perolehan nilai F hitung = 24,77 lebih besar dari F tabel = 4,034 pada taraf signifikasi 5%. (2) penguasaan literasi digital berkontribusi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 31,9%, dan 68,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain, seperti motivasi belajar dan model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penguasaan literasi digital; kemampuan berpikir kritis
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 14 Oct 2023 01:46
Last Modified: 14 Oct 2023 01:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21546

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics