Relevansi konsep belajar menurut KH. Muhammad Hasyim Asy’ari dalam kitab adabul alim wal muta’allim dengan teori behavioristik

Shudur, Muhammad Misbahus (2023) Relevansi konsep belajar menurut KH. Muhammad Hasyim Asy’ari dalam kitab adabul alim wal muta’allim dengan teori behavioristik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1803016116_MUHAMMAD_MISBAHUS_SHUDUR] Text (SKRIPSI_1803016116_MUHAMMAD_MISBAHUS_SHUDUR)
1803016116_Muhammad Misbahus Shudur_Skripsi_Full - Muhammad Misbahus Shudur UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang relevansi konsep belajar salah satu tokoh Islam di Indonesia yang banyak dipelajari dalam pondok pesantren di Indonesia yaitu KH. Muhammad Hasyim Asy’ari dalam kitabnya yng bernama Adabul Alim Wal Muta’allim salah dengan salah satu teori belajar modern yang masih banyak digunakan pada zaman sekarang yaitu teori behavioristik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif diskriptif dengan pendekatan literatur yang fokus pada refrensi buku. Penelitian literatur difokuskan kepada studi kepustakaan (library research) yaitu teknik pengumpulan data dengan melakukan pengamatan terhadap buku, literatur, catatan, serta berbagai laporan yang berkaitan dengan masalah yang ingin dipecahkan. Hasil penelitian ini yaitu dalam kitab Adabul Alim wal Muta’allim, konsep belajar menurut K.H. M. Hasyim Asy’ari terdapat beberapa relavansi yang terkait dengan tujuan belajar, konsep belajar yang berupa stimulus dan responnya yang dinilai relevan dengan beberapa pemikiran tokoh behavioristik yaitu teori koneksionisme Edward Lee Thorndike, classical conditioning Ivan Pavlov, operant conditioning Skinner, sarbon J.B. Watson, modeling dan regulasi Albert Bandura, drive rediction Calrk Hull, stimulus lingkungan Robert Gagne, dan contigous conditioning Guthrie.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Konsep Belajar; Teori Behavioristik; Adabul Alim Wal Muta’allim; Relevansi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 14 Oct 2023 02:15
Last Modified: 14 Oct 2023 02:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21550

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics