Persepsi nasabah tentang kualitas layanan dan fitur mobile banking Bank Syariah Indonesia :studi kasus mahasiswa dan dosen FEBI UIN Walisongo Semarang

Raharjo, Maharani Dwina Ayulia (2023) Persepsi nasabah tentang kualitas layanan dan fitur mobile banking Bank Syariah Indonesia :studi kasus mahasiswa dan dosen FEBI UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905036122_Maharani Dwina Ayulia Raharjo_Lengkap] Text (Skripsi_1905036122_Maharani Dwina Ayulia Raharjo_Lengkap)
Skripsi_1905036122_Maharani Dwina Ayulia Raharjo_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Persepsi nasabah tentang kualitas layanan digital yang disediakan perbankan syariah untuk bertransaksi khususnya mobile banking sangatlah penting. Karena persepsi nasabah yang baik/positif akan memberikan citra yang baik bagi bank, dan berpengaruh bagi kemajuan bisnis dalam jangka panjang di era persaingan bisnis bank yang semakin kompetitif. Selain kualitas layanan, fitur juga menjadi poin terpenting karena menjadi keunggulan dan ciri khas tersendiri bagi suatu produk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menemukan persepsi berbeda-beda dari responden. Terdapat 8 (delapan) kategori persepsi, tentang aplikasi mobile banking Bank Syariah Indonesia memberikan kemudahan & alternatif dalam melakukan pembayaran 80%, Kualitas layanan mobile banking BSI sudah sangat baik dan jarang terjadinya masalah 73%. Fitur-fitur yang ada pada mobile banking BSI sudah lengkap 80%, Fitur islami mobile banking BSI menjadi pembeda dengan mobile banking bank lain 86%, Masih perlu adanya penambahan fitur pada aplikasi mobile banking BSI 66%, dan sudah banyak edukasi mengenai mobile banking BSI dan fitur yang di sediakan di dalamnya 33%. Kualitas layanan mobile banking BSI belum sepenuhnya memberikan rasa aman dalam penggunaanya 40%, Kualitas layanan & fitur y mobile banking menjadi salah satu faktor minat nasabah unutuk menggunakan mobile banking 73%. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi dari persepsi tersebut, yaitu faktor pribadi, psikologis, sosial, dan budaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Kualitas layanan; Fitur; Mobile banking; Bank Syariah Indonesia
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Oct 2023 02:36
Last Modified: 14 Oct 2023 02:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21555

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics