Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia : studi masyarakat Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes
Rahmawati, Yunia (2023) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia : studi masyarakat Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.
Skripsi_1905036135_Yunia Rahmawati_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia yang cukup pesat, salah satunya dengan adanya merger dari 3 bank syariah. Hal tersebut berdampak pada total aset yang semakin besar. Sebelum terjadinya merger, aset yang dimiliki oleh masing-masing bank syariah tersebut yaitu Bank BSM sebesar Rp. 114,4 triliun, Bank BRIS sebesar Rp. 49,6 triliun, dan Bank BNI Syariah sebesar Rp. 50,78 triliun. Setelah adanya merger total aset mencapai Rp. 214,78 triliun. Dengan hal tersebut diharapkan Bank BSI mampu menjadi 10 besar perbankan syariah secara global yang dapat menjangkau seluruh segmen masyarakat. Namun pada kenyataannya Bank BSI belum mampu menjangkau seluruh segmen masyarakat seperti di Kecamatan Ketanggungan yang dominan menjadi nasabah Bank Konvensional.
Salah satu poin penting yang harus diperhatikan oleh bank syariah terutama Bank Syariah Indonesia (BSI) adalah faktor-faktor apa yang menjadi alasan masyarakat tidak memilih Bank Syariah Indoensia (BSI). Agar Bank Syariah Indonesia (BSI) dapat melakukan evaluasi terhadap strateginya, terutama yang mengacu pada pelayanan, fasilitas, produk dan lokasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor pelayanan, fasilitas, produk dan lokasi terhadap minat masyarakat menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia. Jenis penelitiannya adalah penelitian kuantitatif dan Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda yang diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan dan Produk berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia, dengan Pelayanan nilai t hitung sebesar 2,197 dan nilai signifikansi yaitu 0,030. Produk nilai t hitung sebesar 4,109 dan nilai signifikansi 0,000. Sedangkan Fasilitas dan Lokasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia, dengan Fasilitas nilai t hitung sebesar 0,869 dan nilai signifikansi 0,378. Lokasi nilai t hitung sebesar 1,404 dan nilai signifikansi 0,164.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan; Fasilitas; Produk; Lokasi; Minat masyarakat |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1) |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 14 Oct 2023 03:07 |
Last Modified: | 14 Oct 2023 03:07 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21562 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year