Feminisme Islam dalam novel Perempuan Yang Mendahului Zaman karya Khairul Jasmi

Maulidza, Giska (2022) Feminisme Islam dalam novel Perempuan Yang Mendahului Zaman karya Khairul Jasmi. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of 1801026139_GISKA_MAULIDZA_SKRIPSI] Text (1801026139_GISKA_MAULIDZA_SKRIPSI)
1801026139_GiskaMaulidza_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Giska Maulidza (180102639), “Feminisme Islam dalam Novel Perempuan yang Mendahului Zaman Karya Khairul Jasmi”. Perempuan yang Mendahului Zaman merupakan sebuah novel biografi yang ditulis oleh Khairul Jasmi. Novel ini menceritakan perjuangan seorang tokoh ulama perempuan yang melawan bentuk patriarki di tanah kelahirannya, yaitu Padang Panjang. Novel ini mengajak pembaca untuk menerapkan nilai kegamaan dan meneladani sikap dan tingkah laku tokoh utama, Rahmah El Yunusiyyah. Novel ini mengajarkan perempuan untuk menjunjung tinggi hak dan kesetaraan.
Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti merumuskan masalah “Bagaimana feminisme yang ditampilkan pada novel Perempuan yang Mendahului Zaman Karya Khairul Jasmi?” Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk feminisme yang ditampilkan pada novel. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan feminisme Islam Husein Muhammad. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis naratif.
Hasil penelitian menunjukkan Rahmah El Yunusiyyah dalam novel ini melakukan gerakan feminisme Islam. Feminisme Islam dalam novel ini ditampilkan dalam usaha Rahmah mengupayakan kesetaraan perempuan melalui sekolah Diniyyah Puteri, jihad Rahmah tampak dalam aktivitas berdakwah dan berperang, Rahmah juga digambarkan menggunakan pakaian yang menunjukkan identitas muslimahnya melalui hijab. Rahmah dalam perjuangannya dilandasi oleh tauhid, ia bersama tokoh-tokoh perempuan aktif dalam aktivisme khususnya yang bergerak pada kesetaraan perempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Feminisme; Feminisme Islam; Novel
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 305 Social groups > 305.4 Women
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 14 Oct 2023 05:48
Last Modified: 14 Oct 2023 05:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21586

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics