Prinsip komunikasi Islam dalam buku “Bicaralah yang Baik atau Diamlah” karya Iqro’ al-Firdaus

Atunnisa, Ima Lukluk (2022) Prinsip komunikasi Islam dalam buku “Bicaralah yang Baik atau Diamlah” karya Iqro’ al-Firdaus. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of 1801026162_IMA_LUKLUK_ATUNNISA_SKRIPSI] Text (1801026162_IMA_LUKLUK_ATUNNISA_SKRIPSI)
1801026162_Ima Lukluk Atunnisa_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (724kB)

Abstract

Penelitian ini disusun oleh Ima Lukluk Atunnisa (1801026162) dengan judul “Prinsip Komunikasi Islam dalam Buku Bicaralah yang Baik Atau Diamlah Karya Iqro’ al-Firdaus.” Buku Bicaralah yang Baik Atau Diamlah adalah sebuah karya yang ditulis oleh Iqro’ al-Firdaus. Di beberapa bagian buku diselipkan hadis, yang menguatkan argumen dari penulis. Buku ini memuat sebuah tips bagaimana cara menjaga mulut agar mengeluarkan kata-kata yang tidak akan meyakiti lawan bicaranya. Sekilas sederhana namun dalam buku tersebut memiliki keitimewaan tersendiri. Penulis mencoba memuat tulisannya dengan kata-kata yang sederhana dan mudah diserap oleh semua kalangan. Buku ini menceritakan akhlak yang diterapkan di kehidupan sosial, yakni akhlak dalam berbicara. Lalu dikaitkan dengan nilai dakwah dalam cerita tersebut. Buku ini mengajak pembacanya untuk menerapkan prinsip dalam berbicara.
Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti merumuskan masalah bagaimana penerapan prinsip komunikasi Islam dalam buku Bicaralah yang Baik Atau Diamlah Karya Iqro’ al-Firdaus?. Tujuan penelitiaan ini adalah untuk mengetahui penerapan prinsip komunikasi Islam dalam buku tersebut. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Analisis penelitian yang digunakan adalah analisis isi (content analysis), dimulai dari langkah pembentukan data, reduksi data, penarikan infrensi atau simpulan, dan langkah terakhir analisis. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya penerapan prinsip komunikasi Islam dalam buku “Bicaralah yang Baik Atau Diamlah Karya Iqro’ al-Firdaus” yang meliputi qawlan sadidan, qawlan balighan, qawlan layyinan, qalan ma’rufa, qawlan maysura, dan qawlan kariima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi; Komunikasi Islam; Buku; Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 14 Oct 2023 06:12
Last Modified: 14 Oct 2023 06:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21589

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics