Analisis strategi pemasaran produk gadai emas pada Bank Syariah Indonesia Kcp Semarang Banyumanik

Putra, Bagas Junindra (2023) Analisis strategi pemasaran produk gadai emas pada Bank Syariah Indonesia Kcp Semarang Banyumanik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905036148_Bagas Junindra Putra_Lengkap] Text (Skripsi_1905036148_Bagas Junindra Putra_Lengkap)
Skripsi_1905036148_Bagas Junindra Putra_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Gadai emas pada BSI KCP Semarang Banyumanik ini memiliki tantangan dalam pemasaran produknya, dimana orang lebih banyak mengenal soal gadai yaitu di pegadaian. BSI KCP Semarang Banyumanik sendiri memiliki strategi untuk menarik minat nasabah dengan melakukan berbagai upaya dan strategi. Tujuan penelitian ini adalah unutk menganalisis strategi pemasaran produk gadai emas pada BSI KCP Seamarang Banyumanik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian adalah dengan melakukan wawancara, dan dokumentasi kepada pegawai gadai emas di BSI KCP Semarang Banyumanik. Selanjutnya data tersebut akan diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi BSI KCP Semarang Banyumanik dalam memasarkan produk gadai emas menggunakan bauran strategi (marketing mix) 4P yaitu (product, price, place, promotion). untuk mencapai tujuan pemasaran dalam hal produk, BSI KCP Semarang Banyumanik melakukan pengembangan produk gadai emas menjadi produk yang diminati nasabah dan dapat takeover, dari segi harga BSI KCP Semarang Banyumanik mmeberikan biaya administrasi dan biaya sewa yang murah, dari segi tempat, BSI KCP Semarang Banyumanik sangat strategis dan mudah dijangkau dari segi promosi sudah cukup baik dalam memasarkan produk, dengan cara offline dan online, offline meliputi (pemasangan spanduk/ booth, banner, brosur, door to door/ mulut ke mulut, berkunjung ke instansi) dan ada juga menggunakan personal selling sedangkan secara online mempromosikan gadai emas melalui media social seperti (Instagram, Facebook, Whatsapp, Tiktok).
Saran untuk BSI KCP Semarang Banyumanik, khususnya dibagian pemasaran pembiayaan gadai emas, idealnya bekerja lebih giat lagi dalam memasarkan produk gadai emas. Hal ini berguna agar masyarakat mengetahuinya dan dengan harapan agar masyarakat berminat serta memanfaatkannya secara baik.Untuk penelitian selanjutnya diharapkan peneliti dapat meneliti lebih mendalam mengenai strategi pemasaran produk gadai emas di BSI KCP Semarang Banyumanik Menggunakan marketing mix 7P (product, price, promotion, place, people, procces, dan physical evidence).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Marketing mix 4P; Gadai emas; BSI KCP Semarang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Oct 2023 06:52
Last Modified: 14 Oct 2023 06:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21591

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics