Pengaruh produk, promosi, dan biaya mu’nah terhadap minat nasabah dalam menggunakan produk gadai emas pada BSI Kcp Pemalang 1

Nasyatunnisa, Nurista Bela (2023) Pengaruh produk, promosi, dan biaya mu’nah terhadap minat nasabah dalam menggunakan produk gadai emas pada BSI Kcp Pemalang 1. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905036150_Nurista Bela Nasyatunnisa_Lengkap] Text (Skripsi_1905036150_Nurista Bela Nasyatunnisa_Lengkap)
Skripsi_1905036150_Nurista Bela Nasyatunnisa_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari produk, promosi, dan biaya mu’nah terhadap minat nasabah dalam menggunakan produk gadai emas pada BSI KCP Pemalang 1. Minat merupakan dorongan seseorang dalam bertindak yang berkaitan dengan pembelian suatu barang tertentu. Salah satunya yaitu emas, karena nilainya yang terus mengalami kenaikan. Sebagian besar masyarakat di Kabupaten Pemalang jika membutuhkan dana dengan cepat, mereka akan melakukan gadai. Namun beberapa dari mereka masih percaya bahwa BSI adalah bank baru. Sehingga masyarakat cenderung menjadikan pegadaian sebagai pilihan utama mereka dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya yang mendesak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaif. Dengan alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Dan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling slovin. Jumlah sampel yang diperoleh adalah 50 dari populasi sebanyak 60 nasabah gadai emas pada BSI KCP Pemalang 1.
Hasil pengujian pengaruh variabel produk dan biaya mu’nah terhadap minat nasabah dalam menggunakan produk gadai emas pada BSI KCP Pemalang diperoleh nilai t hitung > t tabel secara berturut-turut yaitu (2,062 > 2,010) dan (2,962 > 2,010) dengan taraf signifkansi < 0,05. Sementara variabel promosi diperoleh nilai t hitung < t tabel yaitu (1,446 < 2,010) dengan taraf signifikansi > 0,05. Kesimpulan ini menunjukkan variabel produk dan biaya mu’nah berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan variabel promosi menunjukan pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat nasabah dalam menggunakan produk gadai emas pada BSI KCP Pemalang 1.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Produk; Promosi; Biaya mu’nah; Minat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Oct 2023 07:09
Last Modified: 14 Oct 2023 07:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21593

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics