Metode bimbingan dan penyuluhan Islam untuk mengatasi problem psikososial jama’ah Majelis Ita Maria Morosari Sayung Demak

Setiyani, Rieke Wahyu (2023) Metode bimbingan dan penyuluhan Islam untuk mengatasi problem psikososial jama’ah Majelis Ita Maria Morosari Sayung Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601016072_Rieke Wahyu Setiyani_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1601016072_Rieke Wahyu Setiyani_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Problem psikososial jamaah yaitu permasalahan jamaah yang berhubungan dengan masalah internal keluarga, keuangan, pekerjaan, dan hubungan interpersonal. Istilah Bimbingan dan Penyuluhan islam dalam bingkai ilmu dakwah adalah Irsyad Islam. Definisi dari istilah-istilah ini dapat juga digunakan istilah-istilah Ta’lim, maw ‘izhah, nashihah, dan isytisyfa’ (terapi dalam konteks psikoterapi). Istilah dari Guidance and Counseling suatu nama yang pada umumnya diberikan kepada bentuk aplikasi dari psikologi pendidikan dan dalam disiplin ilmu psikologi, guidance and counseling atau bimingan dan penyuluhan merupakan cabang dari ilmu tersebut. Dalam bahasa arab istilah bimbingan dan penyuluyan disebut dengan al irsyad an Nafsiy yang artinya bimbingan kejiwaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk problem psikososial yang dialami jamaah, Metode Bimbingan dan Penyuluhan Islam untuk mengatasi Problem Psikososial Jama’ah Majelis Ita Maria Morosari Sayung Demak. Jenis peneitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan psikologi. penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, bentuk problem psikososial yang dialami jamaah terdiri dari (1)Masalah internal keluarga berupa masalah kematian orang tua dan kenakalan anak yang menimbulkan reaksi psikologis seperti perasaan sedih dan putus asa. (2)Masalah pekerjaan seperti masalah meningkatnya beban kerja yang memunculkan stres kerja. (3)Masalah keuangan akibat sulitnya kondisi ekonomi seperti masalah tidak bisa mencari ikan di laut karena cuaca buruk. (4)Masalah hubungan interpersonal berupa konflik dengan tetangga dan orang lain yang menimbulkan perasaan cemas dan stres.
Kedua, Metode Bimbingan dan penyuluhan Islam untuk mengatasi Problem Psikososial Jamaah Majelis Ita Maria Morosari Sayung Demak adalah menggunakan metode langsung dan tidak langsung. Adapun metode langsung ialah dengan cara dakwah bil lisan atau dengan cara Mauidhah Hasanah dan metode tidak langsung dilakukan melalui pesan via WhatsApp group yang berisi tentang dakwah yang mudah dapahami semua kalangan. Selain itu metode tidak langsung individual dilakukan melalui audio visual atau dengan cara video call via WhatsApp.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Strategi Dakwah; Bimbingan dan Penyuluhan; Konseling; psikososial
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 305 Social groups > 305.6 Religious group
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 14 Oct 2023 07:34
Last Modified: 14 Oct 2023 07:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21596

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics