Toleransi remaja Islam dan Kristen terhadap perbedaan agama : studi kasus di Dusun Kedonsari Barat Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal

Pratama, Aria Dhika (2023) Toleransi remaja Islam dan Kristen terhadap perbedaan agama : studi kasus di Dusun Kedonsari Barat Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804046109_Aria_Dhika_Pratama] Text (Skripsi_1804046109_Aria_Dhika_Pratama)
Skripsi_1804046109_Aria_Dhika_Pratama.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pada skripsi ini peneliti membahas tentang “Toleransi Remaja Islam Dan Kristen Terhadap Perbedaan Agama (Studi Kasus Di Dusun Kedonsari Barat Kecamatan Weleri kabupaten Kendal)”. Pentingnya toleransi bertujuan untuk menjaga silaturrahmi antara agama yang berbeda. Upaya menciptakan kerukunan beragama remaja di Dusun Kedonsari Barat Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal, sehingga peneliti mengangkat judul tersebut untuk dijadikan penelitian. Mengenai judul tersebut peneliti mengangkat dua rumusan masalah yaitu pertama, Bagaimana bentuk toleransi remaja terhadap perbedaan agama di Dusun Kedonsari Barat Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal?, kedua, Apa faktor pendukung dan penghambat toleransi remaja terhadap perbedaan agama di Dusun Kedonsari Barat Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal?
Dalam penelitian ini memakai penelitian lapangan, akan tetapi sifatnya menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik untuk mengumpulan data menggunakan penelitian lapangan, dengan cara observasi, pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil pengamatan dan wawancara dari beberapa informan remaja Muslim dan remaja Kristen Dusun Kedonsari Barat Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal, buku-buku yang berkaitan dengan toleransi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analitik dengan cara pendekatan lapangan terhadap data hasil wawancara dan buku-buku. Hasil yang didapat dari penelitian ini bahwa bentuk toleransi remaja yaitu memberikan kesempatan bagi semua remaja untuk ikut berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat tanpa membedakan satu sama lain, Remaja Muslim memberikan kebebasan terhadap remaja non-muslim untuk mengikuti kegiatan bermsyarakat di Dusun Kedonsari Barat. Dan faktor pendukung dan penghambat toleransi remaja yaitu dari faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Toleransi agama; Remaja Islam; Remaja Kristen; Perbedaan agama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 14 Oct 2023 08:42
Last Modified: 14 Oct 2023 08:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21603

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics