Pengaruh beauty influencer, label halal, dan religiusitas terhadap keputusan pembelian kosmetik halal Wardah : studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Hasanah, Marifatul (2023) Pengaruh beauty influencer, label halal, dan religiusitas terhadap keputusan pembelian kosmetik halal Wardah : studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skipsi_1905026037_Marifatul_Hasanah] Text (Skipsi_1905026037_Marifatul_Hasanah)
1905026037_MARIFATUL HASANAH_FULL SKRIPSI - Marifatul Hasanah(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Pertumbuhan industri kosmetik di Indoensia menunjukan peningkatan yang sangat pesat dari tahun 2010-2023. Hal ini telah membuat persaingan antar perusahaan kosmetik semakin ketat. Salah satu brand kosmetik halal yang beredar di Indonesia adalah Wardah. Wardah merupakan pelopor kosmetik halal pertama di Indonesia yang diperkenalkan sejak 1995. Sebagai pelopor kosmetik halal trends google shopping Wardah cenderung mengamali penurunan pada tahun 2020-2023. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli produk kosmetik Wardah, seperti faktor beauty influencer, label halal dan religiusitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh beauty influencer, label halal, dan religiusitas terhadap keputusan pembelian kosmetik halal wardah pada mahasiswa.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 98 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Pengumpulan data menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner melalui google form yang kemudian diproses dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik Purposive Sampling yaitu pengambilan sampel kepada responden yang sengaja dipilih dan telah memenuhi keriteria-kriteria yang telah ditetapkan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel beauty influencer berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian kosmetik halal wardah. Variabel label halal tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik halal wardah. Dan variabel religiusitas berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian kosmetik halal wardah. Dalam penelitian ini terdapat keterbatasan diantaranya variabel yang digunakan dalam penelitian hanya mencakup tiga variabel independen dan satu variabel dependen, serta responden penelitian hanya berfokus pada mahasiswa sehingga kemungkinan akan diperoleh hasil yang berbeda apabila penelitian dilakukan pada responden yang lebih luas seperti dikalangan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Beauty Influencer; label halal; religiusitas; kosmetik; Wardah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:27
Last Modified: 16 Oct 2023 04:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21618

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics