Pengaruh indeks pembangunan manusia , tingkat pengangguran terbuka dan PDRB terhadap jumlah penduduk miskin di Provinsi Jawa Tengah tahun 2019-2021 dalam perspektif ekonomi Islam

Rahmawati, Kiki Dwi (0029) Pengaruh indeks pembangunan manusia , tingkat pengangguran terbuka dan PDRB terhadap jumlah penduduk miskin di Provinsi Jawa Tengah tahun 2019-2021 dalam perspektif ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026040_Kiki_Dwi_Rahmawati] Text (Skripsi_1905026040_Kiki_Dwi_Rahmawati)
1905026040_KIKI DWI R_Lengkap Tugas Akhir - Kiki Dwi Rahmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah multidimensi. Islam sendiri memandang kemiskinan sebagai musibah yang dapat membahayakan akhlak, iman, dan nalar seseorang. Pemerintah Jawa Tengah telah mengupayakan program-program untuk mengurangi kemiskinan namun belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh IPM, TPT dan PDRB terhadap jumlah penduduk miskin di Jawa Tengah tahun 2019-2021.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yaitu penelitian yang menggunakan literatur berupa buku, catatan dan laporan hasil penelitian sebelumnya tentang kemiskinan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data panel atau gabungan data silang dan data time series jumlah penduduk miskin, IPM, TPT dan PDRB pada 35 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan teknis analisis berupa analisis data panel dengan metode OLS dan bantuan program aplikasi Eviews10.
Berdasarkan hasil analisis data peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa Indeks pembangunan manusia berpengaruh positif signifikan terhadap jumlah penduduk miskin di provinsi Jawa Tengah karena wabah Covid-19 meningkatkan komponen indeks angka harapan hidup dan pendidikan namun tidak diikuti dengan peningkatan indeks taraf hidup layak. Tingkat pengangguran terbuka berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah penduduk miskin karena kebijakan PSBB membuat banyak industri mengurangi jam kerja dan tenaga kerja. PDRB berpengaruh negatif dan tidak signifikan karena masih ada beberapa sektor yang tidak terkena dampak Covid misalnya sektor pertanian, kehutanan dan lainnya. pemerintah memberikan prioritas kepada kabupaten dan kota yang memiliki kawasan industri utama guna mengurangi pengangguran di Pusat Jawa dengan membuka investasi asing. pengelolaan sektor PDRB yang terkena dampak dan memiliki kontribusi besar diprioritaskan. Serta masyarakat harus berusaha mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan; IPM; pengangguran; PDRB
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:04
Last Modified: 16 Oct 2023 07:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21624

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics